(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Wujudkan Swasembada Daging Melalui Integrasi Sapi dan Sawit

10 Januari 2014 Admin Website Berita Daerah 2591
Wujudkan Swasembada Daging Melalui Integrasi Sapi dan Sawit
SAMARINDA. Program pertanian dalam arti luas khususnya pada subsektor peternakan yang diintegrasikan dengan subsektor perkebunan terkait kegiatan sapi sawit sangat potensial, terutama dalam upaya mewujudkan swasembada daging sapi di Kaltim.

Dalam program perkebunan atau Sejuta Hektare Sawit akan terwujud dan integrasi kegiatan ternak sapi sawit, apabila dalam setiap kawasan atau petani pekebun memelihara dua hingga tiga ekor sapi perhektare, bisa dikembangkan  jutaan ekor ternak sapi di daerah ini.

"Gubernur Awang Faroek telah menetapkan program integrasi sapi dan lahan sawit. Diharapkan setiap petani memelihara minimal tiga ekor sapi dalam setiap hektare sawit. Maka, dalam Sejuta Hektare Sawit terdapat tiga juta ekor sapi," kata Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya.

Walaupun, potensi yang dapat dikembangkan petani pekebun minimal dalam setiap hektarenya lima ekor sapi ataupun hewan ternak lainnya. Sehingga, program pencapaian swasembada daging sapi di Kaltim dapat terwujud.

Sementara itu populasi ternak sapi Kaltim dari tahun ke tahun semakin meningkat sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Gubernur Awang Faroek Ishak dalam program pertanian dalam arti luas untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait