R-APBD Kaltim TA 2014 Sebesar Rp13,9 Triliun
01 Desember 2013 Admin Website Berita Daerah 296
R-APBD Kaltim TA 2014 Sebesar Rp13,9 Triliun
SAMARINDA. Setelah melalui beberapa tahapan pembahasan akhirnya lembaga legislatif Kaltim melalui Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran 2014 sebesar Rp13,93 triliun.

Masing-masing bersumber dari penerimaan terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp5,519 triliun, Dana Perimbangan sebesar Rp6,186 triliun dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp424,11 miliar serta bersumber Silpa tahun 2013 sebesar Rp1,8 triliun.

Sedangkan belanja daerah sebesar Rp13,805 triliun yang direncanakan untuk belanja tidak langsung yang terdiri belanja pegawai, hibah, bantuan sosial, bantuan keuangan, belanja bagi hasil serta belanja tak terduga. Sementara belanja langsung direncanakan untuk belanja SKPD dalam pemenuhan target dan program prioritas. Untuk penyertaan modal pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim dan Perusda Jamkrida sebesar Rp125 miliar.     

"Kita bersyukur akhirnya R-APBD tahun 2014 disetujui. Sebab, anggaran ini menyangkut hajat orang banyak khususnya 15 kabupaten/kota di Kaltim dan Kaltara tertampung termasuk usulan-usulan anggota dewan untuk daerah pemilihannya masing-masing," ujar Gubernur Kaltim H Awang Fareok Ishak usai menghadiri Rapat Paripurna ke-33 DPRD Kaltim di Gedung Utama DPRD Karang Paci Samarinda, Jumat (29/11).

Sekarang ini lanjut Awang, bagaimana tekad semua pihak baik legislatif maupun eksekutif serta dukungan masyarakat secara bersama-sama, sehingga proses pembangunan di seluruh kabupaten/kota dapat terlaksana dengan baik.

"Diharapkan anggaran itu lebih mengoptimalkan pembiayaan prioritas pembangunan secara berkesinambungan terutama terhadap penanganan pembangunan yang menjadi kewajiban daerah berdampak pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat," harap Awang Faroek.

Rapat Paripurna ke-33 DPRD Kaltim agenda Penyampaian Laporan Banggar tentang Rancangan APBD 2014 dan Persetujuan Bersama Kepala Daerah dengan DPRD Kaltim tentang Rancangan Perda APBD tahun 2014 dipimpin Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun didampingi Wakil Ketua Yahya Anja dan Hadi Mulaydi serta dihadiri 28 anggota DPRD Kaltim.(jay/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait