Disbun Kaltim Kunjungi Jambi (2)
26 Maret 2012 Admin Website Artikel 343

JAMBI. Kunjungan hari kedua Disbun Kaltim di Provinsi Jambi dilanjutkan dengan mengunjungi Desa Tempurung, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur , Kamis (22/03)

Rombongan Disbun Kaltim disambut langsung oleh Kepala Desa Tempurung, Kecamatan Mendahara Ulu, Kepala Dishutbun Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pejabat Dishutbun Tanjab Timur, petugas TKP Disbun Jambi serta kelompok tani Karya Mandiri dan kelompok tani Mekar Sari.

Kunjungan kali ini diadakan di lahan kebun revitalisasi yang dimiliki oleh kelompok tani Karya Mandiri yang terdiri dari 12 KK dengan luasan 33 hektar dan kelompok tani Mekar Sari yang terdiri dari 21 KK dengan luasan 64 hektar.

Kadisbun Kaltim, Ir. Etnawati mengutarakan maksud dan tujuan kunjungan Disbun Kaltim ini diantaranya adalah untuk mengetahui tentang proses kemudahan dalam mendapatkan kredit petani melalui pihak bank, mengingat di Kaltim sendiri mengalami kesulitan dalam memperoleh kredit.

Menurutnya, permasalahan utama dalam proses pencairan kredit terkendala masih berbenturannya kebijakan antara pihak BPN dengan pihak bank mengenai sertifikat kepemilikan tanah, sementara di Jambi cukup dengan menggunakan (Surat Keterangan Tanah)SKT saja.

Syafri, Kadihutbun Tanjab Timur menerangkan bahwa dalam prosesnya, setelah calon petani dan calon lahan telah jelas, dan mendapat rekomendasi dari bupati melalui kadishutbun, ditembuskan kepada BPN, BPN kemudian memproses di lapangan sesuai dengan permohonan CP/CL, kemudian BPN merekomendasi Surat Sementara Keterangan Tanah (SSKT) yang kemudian diterbitkan oleh pihak desa Surat Keterangan Tanah (SKT) diteruskan kepada pihak bank. Pihak bank akan melakukan konfirmasi kepada pihak kabupaten melalui TKP, disinilah tugas TKP  sangat dibutuhkan.  

Selain itu, Syafri menambahkan adanya kepercayaan antara pihak kelompok tani, pihak BPN dan pihak bank menjadi salah satu faktor terpenting dalam kelancaran proses kredit rakyat tersebut.

Setelah mengadakan kunjungan di Kecamatan Mendahara Ulu, rombongan Disbun Kaltim melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Sekernan guna mengunjungi PT Brahma Binabakti dan KUD Akso Dano. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT DISBUN KALTIM

Artikel Terkait