UPTD P2TP Raih E-Govbun Award 2011
19 Desember 2011 Admin Website Artikel 279

SAMARINDA. UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP)  berhasil meraih juara pertama Lomba E-Government Perkebunan Award 2011 kategori Provinsi yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Perkebunan ke 54 Tahun 2011.

Lomba yang mengambil tema "Pendayagunaan Website di Lingkungan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur" ini telah dimulai dari tanggal 1 s.d 30 Nopember 2011 yang lalu dan panitia dan dewan juri telah menelaah dan memberikan penilaian terhadap kuisioner yang diisi oleh peserta.

Dari keputusan dewan juri, telah menetapkan para pemenang sebagai berikut :

Kategori Provinsi

Juara I    : UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan

Juara II   : Bidang Usaha

Juara III  : UPTD Pengawasan Benih Perkebunan

Sedangkan untuk kategori Kabupaten / Kota, diraih oleh :

Juara I    : Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur

Juara II   : Dinas Perkebunan Kabupaten Malinau

Juara III  : Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser.

Piagam penghargaan dan hadiah lomba diserahkan langsung oleh Kepala Disbun Kaltim, H. Muhammad Sa’bani  sesaat setelah pelaksanaan upacara apel Peringatan Hari Perkebunan ke 54 di halaman kantor Disbun Kaltim, Senin (19/12) pagi tadi.

“Lomba ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana implementasi e-Gov di lingkungan Disbun Kaltim sendiri maupun di tingkat Kabupaten/Kota, mengingat e-Gov merupakan satu bentuk reformasi birokrasi dalam menunjang pelaksanaan pemerintahan yang baik (good governance)”, ujar Plt. Kepala Disbun Kaltim H. Muhammad Sa’bani , sesaat setelah upacara apel peringatan Hari Perkebunan ke 54, di kantor Disbun Kaltim.

Tema lomba Pendayagunaan Website di Lingkungan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Peserta lomba terdiri dari Unit Bidang/UPTD lingkup Disbun Kaltim serta dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota se-Kaltim. Kriteria penilaian terdiri dari kepemimpinan dan kebijakan, sumber daya manusia, perencanaan dan implementasi perangkat teknologi informasi lembaga serta website dan layanan publik.

Ditambahkannya, tahap awal dari pengembangan e-government yang paling mendasar yakni pengoperasian situs web (website).  Sehingga untuk kategori Kabupaten/Kota, pemenangnya diutamakan adalah dinas perkebunan kabupaten/kota yang telah mempunyai website sendiri”, tambahnya lagi.

Sampai dengan saat ini, Dinas Perkebunan di tingkat Kabupaten/Kota di Kaltim yang telah mempunyai website sendiri baru 5 dinas. Dengan harapan sampai tahun 2013, semua dinas dimaksud telah mempunyai website sehingga dapat memberikan informasi perkebunan di wilayahnya masing – masing melalui media visual.

Pada tahun 2005, Disbun Kaltim berpartisipasi dalam lomba situs web bagi badan/dinas lingkup pertanian provinsi se Indonesia yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian.

Pada ajang itu, website Disbun Kaltim telah berhasil meraih juara kedua. Selanjutnya,  pada 2009 dan 2010 lalu website Disbun Kaltim hanya masuk dalam nominasi 10 besar. Namun, pada 2011 ini website Disbun Kaltim kembali meraih juara kedua nasional.

“Kami berharap website tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota dapat berpartisipasi kembali di lomba situs web di tingkat nasional tahun 2012 mendatang”, harapnya lagi. (rey)

 

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait