Kaltim Siap Ikuti Penas 2017
04 Mei 2015 Admin Website Berita Daerah 276
Kaltim Siap Ikuti Penas 2017
SAMARINDA. Setelah menuai prestasi membanggakan pada ajang Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) 2011 di Tenggarong Kutai Kartanegara sebagai juara umum dan meraih juara kedua nasional di even Penas 2014 Malang Jawa Timur, kini anggota KTNA Kaltim siap mengikuti Penas 2017 di Nangroe Aceh Darussalam.

"Forum Petani ini, Pra Pekan Daerah (Peda) 2016 akan digelar di Penajam Paser Utara. Selanjutnya, kami siap meraih prestasi pada Penas 2017 di Aceh," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kaltim H Fuad Asaddin pada Forum Petani 2015 di Kawasan P4S Lau Kawar Samboja, Selasa (28/4).

Di ajang Forum Petani sudah melaksanakan berbagai kegiatan termasuk lomba-lomba yang akan digelar pada ajang Penas. Diantaranya, unjuk tangkas dan asah terampil yang diikuti anggota KTNA dari kabupaten dan kota se-Kaltim.

Menurut Fuad, peserta Forum Petani terdiri KTNA, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Ikatan Magang Jepang (Ikamaja) serta pengelola pusat pelatihan pertanian perdesaan dan swadaya (P4S) dari kabupaten dan kota menunjukkan kemampuan dan keterampilannya.

Misalnya, ajang unjuk tangkas yang diikuti peserta dari kabupaten dan kota itu melombakan mengemas benih ikan lele. Keluar sebagai juara satu Kutai Kartanegara dan Samarinda serta Paser meraih juara kedua dan ketiga.

Lomba mengupas kelapa dimenangkan Penajam Paser Utara sedangkan Kutai Kartanegara dan Balikpapan di posisi kedua dan ketiga. Lomba melakukan okulasi bibit buah sebagai juara satu, dua dan tiga yakni Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Paser.

Lomba memasang alas tanam jajar legowo (jarwo) keluar sebagai juara satu yakni Kabupaten Kutai Kartanegara sementara juara dua dan tiga masing-masing diraih Kutai Timur dan Balikpapan.

Sementara itu untuk cabang lomba asah terampil keluar sebagai juara pertama yakni Balikpapan sedangkan Kabupaten Paser dan Samarinda harus puas di posisi juara kedua dan ketiga di ajang Forum Petani 2015.

"Keluar sebagai juara umum Kutai Kartanegara. Selain juara,  yang diprioritaskan ikut bertanding pada Penas 2017 juga akan ada seleksi di ajang Peda 2016 di Penajam Paser Utara," ungkap Fuad Asaddin. (yans/sul/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait