Disbun Gelar Pelatihan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun
25 Oktober 2018 Admin Website Berita Daerah 294

SAMARINDA. Secara umum dampak perubahan iklim di Indonesia akhir – akhir ini menimbulkan kerugian bagi pelaku usaha perkebunan dan upaya – upaya pelestarian lingkungan seperti menurunnya produktivitas tanaman perkebunan dan kebakaran lahan dan kebun.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, saat membuka Pelatihan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun yang diperuntukkan bagi Brigade Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun (DALKARLABUN) dan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Samarinda, pekan lalu.

Menurutnya, melalui Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 360/K.392/2015 tanggal 15 Juni 2015, pihaknya telah membentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun Tingkat provinsi Kalimantan Timur.

"Pelatihan diselenggarakan guna meningkatkan kemampuan teknis dan taktis anggota BRIGADE DALKARLABUN dalam rangka mencegah dan menurunkan frekuensi terjadinya kebakaran dan kebun di Kaltim tahun 2018 ini," ungkap Ujang.

Pelatihan diselenggarakan selama 4 hari, dimana peserta diberikan pengarahan tentang pemahaman teknis dan tatacara penggunaan peralatan pemadam kebakaran yang kemudian dilanjutkan praktik lapangan di Kebun Raya Samarinda (Taman Borneo) dan diikuti sebanyak 30 orang peserta dengan menghadirkan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kaltim, PT Gunnebo dan Dinas Perkebunan Kaltim (Kabid Perkebunan Berkelanjutan). (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait