Yus Alwi Kembali Pimpin Forum KPB
28 April 2022 Admin Website Berita Daerah 111
Yus Alwi Kembali Pimpin Forum KPB

SAMARINDA. Setelah melewati kegiatan musyawarah Forum Komunikasi Perkebunan Berkelanjutan (FKPB) Provinsi Kalimantan Timur, maka Yus Alwi Rahman terpilih kembali selaku Ketua Harian FKPB periode 2022-2025, setelah memimpin periode 2019-2022.

Musyawarah diikuti 94 peserta dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni yang juga Ketua Forum KPB dan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad (Sekretaris Forum KPB) serta pimpinan/perwakilan dari instansi/dinas dan lembaga/perusahaan juga akademisi di Kaltim.

"FKPB ini sangat membantu dan pusat pemikir untuk memberikan rekomendasi terkait kegiatan perkebunan berkelanjutan," ungkap Kepala Disbun Kaltìm Ujang Rachmad di Ballroom Mahakam 2 Hotel Harris Jalan Untung Suropati Samarinda, Rabu 27 April 2022.

Selayaknya, sesuai yang diamanatkan Gubernur Kaltim agar FKPB harus menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal.

"Karena itu, saya tidak ingin FKPB ini hanya menjadi nama saja, tapi benar-benar berkontribusi dalam pembangunan subsektor perkebunan," harapnya.

Ujang meminta masing-masing Pokja dipengurusan FKPB perlu melakukan evaluasi tugas dan fungsi menjadi lembaga yang "Think Tank" atau Wadah Pemikir.

Terlebih FKPB bertugas meningkatkan kerja sama dan koordinasi pengembangan komoditas strategis perkebunan bagi seluruh pemangku kepentingan perkebunan, juga memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah provinsi maupun kota dan kabupaten.

Selain itu, meningkatkan daya saing komoditas perkebunan dan persoalan-persoalan perkebunan, serta turut berkontribusi dalam penyelesaian persoalan konflik perkebunan secara musyawarah.

"Saya yakin dan kita semua percaya FKPB mampu memainkan perannya sebagai mitra strategis pemerintah mewujudkan pembangunan perkebunan yang berkelanjutan," pungkas Ujang. (yans/her/adpimprovkaltim)


SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait