Sukseskan Program FCPF
09 Desember 2019 Admin Website Berita Daerah 116
Sukseskan Program FCPF

BALIKPAPAN. Sedikitnya 30 peserta mengikuti pelatihan untuk pelatih kelapa sawit berkelanjutan atau sustainable palm oil (SPO) bagi petani di Kaltim yang digelar di Hotel Blue Sky Balikpapan, Senin (9/12/2019).

Terutama petani yang daerahnya menjadi kawasan Kampung Iklim+ (Proklim+) di tujuh kabupaten.Terdiri Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim), Kabupaten Berau, Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu).

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim H Ujang Rachmad diwakili Kabid Perkebunan Berkelanjutan Henny Herdiyanto mengatakan, pelatihan ini diperlukan agar peserta menjadi bagian menyukseskan program pengembangan pembangunan kelapa sawit berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Pelatihan sebagai dukungan kegiatan FPIC/Proklim+ dalam rangka program Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund (FCPF-CF) Tingkat Kabupaten di Kaltim. Upaya penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). Di mana program ini adalah program nasional didanai World Bank didukung Kementerian KLHK.

Artinya, pelatihan bagian dari program penurunan emisi sektor berbasis lahan perkebunan untuk mekanisme Reducing Emissions from Deforestation and Degradation/REDD+ (Penurunan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan).

"Pelatihan bertujuan agar peserta menjadi fasilitator tentang kelapa sawit berkelanjutan atau sustainable palm oil bagi petani di Kaltim. Karena itu, diharapkan 30 peserta ini dapat mendukung program FCPF di Kaltim," kata Henny Herdiyanto.

Peserta terdiri perwakilan Disbun Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur, Berau, Penajam Paser Utara, Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Ketua Koperasi Desa Kertabumi Nur Syahid dan Kelompok Tani di Kaltim.

Kegiatan enam hari (9-14 Desember) menghadirkan narasumber Fasilitator Utama Azwar dan Logo TH Siregar, Agus Nahrowi Earthworm Foundation atau Fasilitator Head Plasma PBS dan TNC Windrawan Inantha.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait