Sawit Kutim Lampaui Paser
28 Januari 2010 Admin Website Artikel 281
Dari catatan yang diperoleh di Dinas Perkebunan Kutim, luasan perkebunan kelapa sawit di Kutim mencapai 170 ribu hkctare lebih. Jumlah tersebut terdiri perkebunan besar swasta (PBS) 140.719 hektare (ha) dan perkebunan rakyat 28.237 ha.

#img1# Mengenai target tanam kelapa sawit 350 ribu ha di Kutim, Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kutim Ir HM Ahkmadi Baharudin mengatakan, pihaknya optimistis target itu bisa terlampaui sekitar lima tahun ke depan. Kemudian dia memberikan gambaran, mengenai keberadaan perusahaan yang telah melakukan registrasi di instansinya hingga kemarin 72 perusahaan, termasuk koperasi yang mengantongi izin lokasi perkebunan di daerah ini.

Bukan itu saja. Jika dilihat jumlah bibit yang dimiliki PBS di seluruh Kutim hingga akhir 2006 lalu mencapai 12.449.221 pokok. Apabila satu tahun target tanaman kelapa sawit mencapai 88.921 ha, dalam kurun waktu sekitar empat tahun target 350 ribu ha bakal terpenuhi. Bahkan dapat melebihi kalau perusahaan mampu menanam lebih dari itu. Jumlah tersebut belum termasuk dari perkebunan rakyat yang memperoleh alokasi pendanaan dari APBD.

"Jika setiap tahun kita targetkan 300 hektare, selama tiga tahun akan tertanam 900 hektare. Jumlah yang cukup lumayan untuk perkebunan rakyat," papar Ahkmadi.

Kabupaten Paser sendiri hingga awal tahun 2010 tanaman kelapa sawitnya sekitar 25 ribu hektare lebih. Demikian juga di kabupaten lainnya di Kaltim, masih jauh di bawah angka tersebut. Kendati demikian, ia yakin target tanam sawit satu juta hektare se-Kaltim bakal tercapai lima sampai 10 tahun mendatang.

"Selama Kutim berdiri sejak 2001 lalu, tanaman kelapa sawitnya sudah berkembang cukup pesat. Bahkan kabupaten ini telah melampaui Paser yang terlebih dulu menanam komoditas serupa sejak beberapa tahun silam," kata Akhmadi.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 28 JANUARI 2010

Artikel Terkait