Perusahaan Diminta Berdayakan Warga Lokal
28 Desember 2013 Admin Website Berita Daerah 356
Perusahaan Diminta Berdayakan Warga Lokal
TANA PASER. Pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit (PPKS) oleh PT Pradiksi Gunatama dan PT Senabangun Aneka Pertiwi di Kecamatan Batu Engau diharapkan menjadi solusi untuk bisa menyerap tenaga kerja lokal. Dan juga, pabrik ini diharap mampu menampung jumlah produksi kelapa sawit jika dalam kondisi buah melimpah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Paser Abdul Rasyid  mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang menjadi komitmen PT Pradiksi dan Senabangun untuk membangun pabrik. Karena hal ini mampu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

"Kami harap PT Pradiksi dan Senabangun ini harus mampu memberdayakan koperasi-koperasi yang  ada di 7 desa  yaitu di Desa Kerang, Desa Tabru, Desa Petangis, Desa Sain Prupuk, Desa Bai Jaya, Desa Langgai dan Desa Batu Engau. Sehingga dapat mempercepat pemberdayaan perekonomian warga setempat," beber Abdul Rasyid.

Diuraikan pengganti I Gusti Putu Suwantara itu, dengan adanya pabrik ini, otomatis membuka lapangan pekerjaan baru. "Jadi bukanlah hal yang berlebihan jika perusahaan lebih mengutamakan penyerapan tenaga lokal sehingga mampu membawa dampak langsung bagi warga yang ada di sekitar pabrik," kata Rasyid.

Sementara itu, mewakili pemerintah daerah, pihaknya akan menjalankan tugas sebagai pihak yang melakukan pengawasan,  agar pada jangka panjang perusahaan selain memperoleh keuntungan juga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan bagi masyarakat Paser.

Sekali tiga uang, Senior Komisaris Suryo Tan mengatakan, pihaknya mewakili perusahaan mengucap terima kasih kepada masyarakat di sekitar kebun yang bersabar hingga penyerahan plasma bisa dilaksanakan.

"Kami telah berusaha mendukung program pemerintah terutama dalam program plasma untuk kesejahteraan masyarakat kebun. Penyerahan ini adalah langkah awal untuk melanjutkan pembangunan di daerah sekitar kebun. Seperti jalan, pendidikan dan juga kesehatan bagi karyawan dan masyarakat. Ini bentuk keseriusan kami dalam mendukung pembangunan di Paser," tutur Suryo yang mendampingi Presiden Direktur DR Nick Law.

Untuk diketahui, perusahaan asal Malaysia yang saat ini telah menggarap lahan seluas 18,662 hektare, telah menyalurkan plasma untuk 1.475 kepala keluarga tersebar di enam desa serta empat koperasi sebagai mitra perusahaan seperti Koperasi Petangis Maju Jaya di Desa Petangis, Koperasi Selatan Pasir Jaya di Desa Kerang, Koperasi Were Taka Bersama di Desa Tabru dan Koperasi Prupuk Makmur di Desa Sain Prupuk.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 28 DESEMBER 2013

Artikel Terkait