Perlu Komunikatif Intensif
06 Juli 2009 Admin Website Artikel 289
Ini bertujuan menekan adanya salah paham antara investor dengan masyarakat menyangkut pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit.

Kehadiran investor di Kutim agar supaya tidak disalahartikan masyarakat, maka investor harus terus melakukan pendekatan sosial terhadap warga.

"Sebaiknya terus lakukan komunikasi secara intensif. Jelaskan kepada warga, bahwa kedatangan investor membawa manfaat positif bagi kelangsungan hidup mereka. Utamanya investor dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat," kata Robert saat ditemui di ruang kerja Bupati Kutim Bukit Pelangi, Kamis (2/7).

Jika komunikasi intensif terus dibangun oleh investor di tengah masayarakat, maka Robert yakin gejolak tak akan terjadi. Kadang memang timbul gejolak di lapangan antar investor dengan masyarakat setempat. "Menurut pengamatan kami selama ini, gejolak itu terjadi karena kurang terjalinnya komunikasi positif antara pihak terkait. Sehingga tertentu beranggapan miring terhadap kehadiran pemilik modal," terangnya.

Lantas yang tidak kalah pentingnya untuk dijelaskan kepada warga, adalah manfaat positif pembangunan sebagai akibat adanya investasi. Investor kadang mengalami hambatan dari masyarakat dalam kegiatannya, karena warga menilai investasi yang dilakukan investor hanya menguntungkan pihak pengusaha. Sementara warga setempat tidak menikmati apa-apa.

"Jangan sampai warga tetap dalam keadaan miskin. Itulah yang dikhawatirkan mereka terhadap investor selama ini sehingga ada kecendrungan rakyat menghambat kelancaran kegiatan pengusaha," tegasnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 4 JULI 2009

#img1#

Artikel Terkait