Graha Executive Bangun Pabrik CPO di Samboja
12 Januari 2012 Admin Website Artikel 324

BALIKPAPAN. PT Graha Executive, selaku developer perkebunan siap mengekspansi Kaltim. Yang menjadi tujuannya berdirinya pabrik kelapa sawit adalah Samboja.

Sebagai langkah awal, maka PT Graha Executive mengadakan “Sosialisasi Rencana Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit”, bertempat di Hotel Pacific Rabu (11/01) kemarin. Acara yang dimulai pada pukul 13.00 Wita ini diprakarsai oleh Iwan Syafie’i, Direktur Utama PT Graha Executive sebagai pembicara, Ir Nur Sigit, Kepala Bagian Perekonomian PemprovKaltim sebagai moderator dan didampingi pula oleh Ispandianoor, Deputy Branch Manager (DBM) BTN Syariah cabang Balikpapan.

Iwan sapaan akrab Iwan Syafie’i mengatakan alasan memilih Samboja sebagai pabrik perkebunan kelapa sawit, karena belum ada pabrik perkebunan kelapa sawit yang dapat mengakomodasi petani sawit di Samboja. “Karena pabrik kelapa sawit jauh dari Samboja, maka kami berinisiatif untuk membangun pabrik kelapa sawit di sini,” kata Iwan.

Selain itu, alasan lain ia membangun pabrik kelapa sawit di Samboja adalah untuk membantu para petani sawit yang sering terjerat oleh ulah tengkulak. “Walaupun kami membuka pabrik dengan niat mencari keuntungan, kami juga mempunyai niat membantu para petani sawit di Samboja, agar dapat melepaskan diri dari tengkulak,” tambah Iwan.

Rencananya pabrik yang berlokasi di Samboja tersebut akan memiliki kapasitas produksi 60 ton per jamnya. “Hal ini di atas kapasitas produksi pabrik pada umumnya yang hanya 30 ton per jamnya,” ucap Iwan.

Untuk progres tahap pertama pembangunan pabrik kelapa sawit, pihaknya telah menganggarkan sekira Rp 200 miliar. “Tahap pertama ini merupakan pemerataan lahan yang sekira 30 Ha,” ujar Iwan.

Iwan berharap pembangunan pabrik kelapa sawit ini akan selesai dalam waktu 1 tahun. “Semoga di bulan Januari 2013, pabrik kelapa sawit ini dapat selesai dibangun dan siap untuk beroperasi,” harapnya.   

Acara yang digelar di Hotel Pacific tersebut dihadiri oleh sekira 30 orang yang salah satunya Ivan FirdausCEOKaltim PostGroup (KPG) dan Wakil Direktur Kaltim PostDrs H TatangSetyawan.

Selain itu, unsur aparat pemerintahan daerah jugaterlihat mengikuti sosialisasi tersebut adalah Camat Samboja, Fahmi SP, Sekretaris Camat (Sekcam) Sepaku, Warsudi, Lurah Karya Merdeka, Hj Sri Muriyati SSos, Lurah Bukit Merdeka Irnan T SSos.

Selain itu, tampak hadir pula, aparat dari Dinas Perkebunan Pemprov Kaltim, Ir M Yusuf, Heny Hardiyanto MP dan Hapriansyah SE.

Para tamu undangan sepakat mendukung terealisasinya pembangunan pabrik kelapa sawit ini. Dimana yang menjadikan pabrik kelapa sawit ini berbeda dengan pabrik kelapa sawit lain adalah pabrik ini nantinya akan memproduksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit menjadi crude palm oil (CPO), dan turunan produk CPO seperti pada industri oleokimia, berupa fatty acids, fatty alcohol dan glycerin, serta biodiesel.

“Ini merupakan pabrik kelapa sawit pertama di Kaltim yang akan memproduksi CPO dan turunannya,” pungkas Iwan.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 12 JANUARI 2012

Artikel Terkait