Penutupan Sekolah Lapang Lada di Loa Janan
02 Juli 2012 Admin Website Artikel 340

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Bidang Perlindungan telah melaksanakan acara Penutupan Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) Lada di kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (28/06) kemarin.

Kepala Disbun Kaltim, diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan, Ir. H. Yus Alwi Rahman, mengatakan kegiatan yang telah dibuka sejak 16 Maret yang lalu, diikuti oleh 50 orang petani dari 2 kelompok tani, yaitu kelompok tani Tani Muda dan kelompok tani Peduli Lingkungan.

"Kegiatan telah dimulai sejak bulan Maret yang lalu, dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan. Materi secara teori disampaikan sepintas, namun lebih banyak prakteknya", ungkap Yus Alwi dalam sambutannya.

SL-PHT, lanjutnya, lebih difokuskan pada cara - cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Perlu disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya serangan organisme pengganggu, yang hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyak akan menolong petani dalam mengelola kebun kearah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

"Kami sangat berterimakasih dengan adanya SL-PHT ini karena banyak mendapat pengetahuan dalam penanganan hama dan penyakit lada, kami berharap SL-PHT tidak hanya berhenti disini, semoga masih ada kelanjutannya", harap Asman, petani peserta saat memberikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan SL-PHT ini. (rey)


SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN


Artikel Terkait