(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Perkuat Kelembagaan Petani Lada Melalui Dinamika Kelompok

22 September 2015 Admin Website Berita Kedinasan 2704
Perkuat Kelembagaan Petani Lada Melalui Dinamika Kelompok

SAMARINDA. Dalam penguatan kelembagaan petani khususnya petani pekebun, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan kegiatan Dinamika Kelompok Tani yang melibat petani lada di dua kabupaten, yakni Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Kegiatan ini dilakukan, karena pada umumnya yaitu permasalahan manajemen pengelolaan kelompok tani (poktan) yang kurang baik dan tidak tepat sasaran.

Kepala Disbun Kaltim, melalui Kepala Bidang Pengembangan, Bambang F. Fallah mengatakan bahwa Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya Disbun Kaltim dalam hal penguatan kelembagaan. Selama ini banyak poktan hanya berdasarkan kegiatan swadaya masyarakat saja, namun dengan pembinaan yang dilakukan oleh Disbun, poktan  tersebut akan bisa lebih maju.

"Pelatihan Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya kami dalam memperkuat kelembagaan petani pekebun. Banyak poktan yang tidak sehat karena kurang adanya pembinaan," ujar Bambang, Selasa (22/09) pagi tadi.

Pada tahap ini, Bambang menerangkan, Disbun memfokuskan kegiatan pada 2 jenis pelatihan, yakni Pelatihan Strategi Pengembangan Kelembagaan Petani dan Pelatihan Manajemen Kemitraan Budidaya. Masing - masih kegiatan diikuti sebanyak 72 orang peserta dari 10 kelompok tani lada di kecamatan Loa Janan, 2 kelompok tani kecamatan Samboja, Kukar dan 8 kelompok tani dari kecamatan Sepaku, PPU.

"Dengan adanya kegiatan dinamika kelompok ini, diharapkan kelompok tani tersebut akan semakin kuat dan berkembang. Wawasan pemahaman dan penghayatannya dalam hal pengelolaan kelompok tani melalui sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan," ungkap Bambang lagi. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN

Artikel Terkait