Pelatihan GIS Bagi Petugas Lapang Perkebunan
19 Mei 2021 Admin Website Berita Daerah 51
Pelatihan GIS Bagi Petugas Lapang Perkebunan

BALIKPAPAN. Sedikitnya 25 petugas lapangan perkebunan mengikuti pelatihan pemetaan tata letak perkebunan.

Pelatihan bagi petugas kabupaten dan provinsi ini guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan para petugas lapangan dalam pemetaan kawasan/lahan perkebunan.

"Pelatihan ini mampu mendukung pelaksanaan tugas-tugas secara efektif dan efesien," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad saat membuka pelatihan di Hotel Four Point Balikpapan, Selasa (18/5/2021).

Pelatihan lanjutnya, difokuskan untuk pemanfaatan bagi perkebunan rakyat agar data yang ditampilkan berupa peta-peta sesuai dengan tingkat kebutuhan di wilayah kerja masing-masing.

Pelatihan pemetaan/sistem informasi geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) meningkatkan kemampuan melakukan proses analisis spasial serta memahami ilmu teknologi survey dan pemetaan, perangkat keras dan perangkat lunak teknologi GIS.

"Kita terus berupaya mencetak tenaga-tenaga andal dalam konsep dan pengoperasian SIG, sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan," ungkap Ujang

Kegiatan selama 5 hari (18-22 Mei) diikuti 20 petugas kabupaten/kota dan 5 petugas provinsi, menghadirkan narasumber dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Metode pelatihan secara partisifatif dan edukatif dengan kurikulum materi/teori 50 persen dan aplikasi 50 persen.(yans/sdn/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait