Mahasiswa Poltek Pelajari Budidaya Lada dan Kelapa Kopyor
25 April 2012 Admin Website Artikel 286

SAMARINDA. Dalam rangka pembelajaran tentang budidaya tanaman lada dan kelapa kopyor,  mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda mengadakan kunjungan (praktek lapang) ke Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Selasa (24/04) kemarin.

Kadisbun Kaltim yang diwakili oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Teknologi Terapan Perkebunan (T2P) Kaltim, Ir. Henny Herdiyanto, MP mengatakan rombongan yang berjumlah 34 orang ini, terdiri 28 orang mahasiswa, 3 orang dosen pembimbing dan 3 orang tenaga teknis akan mengunjungi kebun lada dan kebun kelapa kopyor yang berada di desa Batuah, kecamatan Loa Janan, Kukar.

Ditambahkannya, kunjungan pertama kali dilakukan ke kebun lada milik petani binaan, yaitu kebun milik H. Kasman yang merupakan anggota kelompok tani Tunas Mekar, yang berada di KM 30 kecamatan Loa Janan, Kukar.

Dalam kesempatan kali ini, mahasiswa mengadakan diskusi mengenai teknis pengembangan dan budidaya tanaman lada di kaltim mulai penyediaan bibit, budidaya hingga pasca panen. Selain guna mempelajari sistem pembiayaan dan sumber - sumber pembiayaan yang mendukung pengembangannya, juga mempelajari sistem kelembagaan, pemasaran dan penyiapan SDM petani pada pengembangan tanaman lada.

Kunjungan dilanjutkan dengan mendatangi kebun kelapa kopyor yang merupakan binaan UPTD T2P yang terletak KM 41 Loa Janan, Kukar. Sama halnya dengan komoditi lada, para mahasiswa tampak antusias mengenai budidaya kelapa kopyor tersebut.

"kami berharap, dengan adanya kunjungan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan para mahasiswa mengenai budidaya lada dan kelapa kopyor ini," ungkap Henny. (rey)


SUMBER : UPTD TEKNOLOGI TERAPAN PERKEBUNAN


Artikel Terkait