Pabrik CPO BErtambah
18 Oktober 2010 Admin Website Artikel 309
SANGATTA, KALTIM POST. POTENSI sumber daya alam kawasan pedalaman Kutim yang meliputi delapan kecamatan, hampir semuanya sudah diincar investor perkebunan kelapa sawit. Bahkan sebagian diantaranya telah dibangun perkebunan plasma serta kebun kemitraan.

    Kenyataan itu menurut Bupati Isran Noor adalah bukti bahwa pedalaman Kutim jauh lebih maju dibanding ketika belum dimekarkan dulu. Pola pikir masyarakat juga jauh berbeda dan lebih maju ketika menerima kehadiran investor lantaran warga mendukung sepenuhnya.
 
    Bupati mengakui jika kawasan pedalaman ini memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, sehingga investor mau datang ke Kutim untuk menanamkan modalnya di berbagai sektor. Mulai dari perkebunan kelapa sawit, tambang dan sebagainya.
 
    Saat ini perkebunan kelapa sawit sudah merata di hampri seluruh kecamatan yang ada di pedalaman. Mulai dari Busang sampai ke Kongbeng, sudah ada investor yang mengeloa perkebunan kelapa sawit. Bahkan juga ada investor yang bergerak di sektor pertambangan yang dinilai juga memiliki potensi cukup besar.
 
    Orang nomor satu di Kutim ini memberikan contoh di Muara Wahau, Kongbeng, dan Kecamatan Telen, sudah lama berdiri perkebunan kelapa sawit. Bahkan saat ini pabrik CPO (Cruide Palm Oil) di kawasan pedalaman juga terus bermunculan, seiring dengan pertumbuhan perkebunan kelapa sawit yang dikelola perusahaan yang bersangkutan.
 
 
DIKUTIP DARI KALTIM POST, MINGGU, 17 OKTOBER 2010

Artikel Terkait