(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Si Calo Kebun Raih Penghargaan Lomba Inovasi Pepes Ikan Peda Tahun 2023

07 Desember 2023 PPID Berita Daerah 750
Si Calo Kebun Raih Penghargaan Lomba Inovasi Pepes Ikan Peda Tahun 2023

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim meraih penghargaan melalui inovasi Si Calo Kebun pada Lomba Penjaringan Perangkat daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Riset Daerah (Brida) Kaltim.

Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir mengatakan tim penilai Brida Kaltim melakukan penjaringan terhadap inovasi yang dikembangkan oleh seluruh OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, dimana telah dipilih 10 OPD yang akan diusulkan sebagai nominasi Perangkat Daerah Berinovasi Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat tahun 2023.

“Alhamdulillah, melalui inovasi Toko Kebun, Dinas Perkebunan meraih peringkat keempat terbaik pada kegiatan tersebut,” ungkapnya sesaat setelah menerima penghargaan yang diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Polhukam  Ririn Sari Dewi di Hotel Mercure Samarinda, Kamis (07/12) pagi tadi.

Muzakkir menuturkan, adapun 6 besar Perangkat Daerah Berinovasi Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 terbaik adalah Peringkat Terbaik Pertama diraih oleh RSJD Atma Husada melalui inovasi Sihati (Sistem Pelayanan Kesehatan Jiwa Terintegrasi).

Selanjutnya, peringkat kedua terbaik diraih oleh Balitbangda melalui Sentra KI, dan peringkat ketiga terbaik diraih oleh Biro Organisasi dengan inovasi E-Sakip.

Sedangkan peringkat keempat terbaik oleh Dinas Perkebunan melalui inovasi Si Calo Kebun, peringkat kelima terbaik oleh Badan Pendapatan Daerah melalui inovasi Sadelpost (Samsat Delivery Pos) dan peringkat enam terbaik diraih oleh RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan melalui inovasi Embah Suka Baper (Eco Enzyme, Mengubah Sampah Organik Rumah Sakit Menjadi Bahan Pembersih).

Diterangkan, Diterangkan, SI CALO KEBUN merupakan inovasi yang diinisiasi pada aksi perubahan PIM IV (PKA) milik Arif Sabtamiharja selaku Kepala Seksi Penyiapan dan Perluasan Areal pada tahun 2021, dimana inovasi ini dirancang untuk mempermudah layanan pengajuan proposal permohonan bantuan bibit unggul perkebunan bagi kelompok tani yang membutuhkan dengan mengakses https://cpclkebun.kaltimprov.go.id.

Muzakkir menambahkan, inovasi ini secara tidak langsung mendukung reformasi birokrasi tematik pengentasan kemiskinan, yakni menciptakan lapangan pekerjaan melalui kegiatan perluasan tanaman perkebunan  (rey/disbun).

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait