Disbun Kaltim Kategori BB (Sangat Baik) SAKIP 2021
24 Januari 2022 Admin Website Berita Daerah 280
Disbun Kaltim Kategori BB (Sangat Baik) SAKIP 2021

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim mendapat penghargaan kategori intepretasi BB/Sangat Baik terhadap hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2021.

Piagam penghargaan diberikan bagi 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan kategori BB/Sangat Baik, 10 OPD kategori B/Baik, serta 9 OPD kategori CC/Cukup tersebut diserahkan Sekprov Kaltim M Sabani kepada kepala OPD peraih penghargaan, di Pendopo Odah Etam, Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (20/1/2022) pekan lalu.

Sekretaris Disbun, Surono mengaku bersyukur atas capaian kinerja SAKIP kategori sangat baik. “Capaian ini sudah sangat baik, tapi kedepan perlu dipertahankan agar lebih baik, yakni kategori sangat baik,”katanya.

Karenanya dia berharap dukungan jajaran Disbun untuk sama-sama meningkatkan kualitas akuntabilitas kinerja organisasi.

“SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah,”katanya.

Ditambahkannya, SAKIP memiliki berfungsi sebagai media pertanggungjawaban kinerja maupun sebagai alat ukur pengendalian manajemen. Jika diibaratkan sebuah bangunan, kekuatan bangunan tersebut sangat tergantung dari bahan yang digunakan. Bahan itulah yang merupakan komponen SAKIP yang terdiri dari Renstra, Renja, penetapan kinerja dan laporan kinerja.

 “Saya berharap semua ke depan dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam pembangunan anggaran melalui pemerintahan yang berbasis kinerja. Anggaran yang ada akan mengikuti program dan program yang dipilih benar-benar berorientasi pada pencapaian hasil atau outconme yang dampaknya dapat dirasakan langsung masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan itu Sabani juga mengingatkan OPD Kaltim untuk meningkatkan kualitas dokumen kerja yang ada dengan mengintegrasikan upaya pencapaian kinerja yang optimal. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait