Karet Desa Perangat Diserang Jamur, Tim POPT Lakukan Pengendalian
01 Juni 2022 Admin Website Berita Daerah 85
Karet Desa Perangat Diserang Jamur, Tim POPT Lakukan Pengendalian

SAMARINDA. Penyakit gugur daun tanaman karet yang disebabkan oleh jamur Pestalotiopsis sp telah menyerang beberapa perkebunan karet di Kalimantan Timur.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP) Dinas Perkebunan Kaltim Sopian menyebutkan ada dua daerah yang diserang jamur penyakit gugur daun baru-baru ini.

"Tanaman karet di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan diserang jamur Pestalotiopsis sp," kata Sopian kepadaTim Peliputan Biro Adpim Setda Prov Kaltim, Selasa (31/5/2022).

Menurut dia, untuk wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya di Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu terdampak serangan Pestalotiopsis sp ini seluas 14 hektare.

"Khususnya wilayah Kota Balikpapan. Data terakhir pada tahun 2021, sebanyak 15 hektar," sebutnya.

Saat ini lanjutnya, tengah diupayakan pengendalian serangan jamur Pestalotiopsis sp oleh tim Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) dari UPTD P2TP Dinas Perkebunan Kaltim.

Serangan penyakit gugur daun Pestalotiopsis sp ini menurut Sopian, perlu ditekan dan dikendalikan agar produksi dan mutu lateks tetap terjaga dan tidak menyebar cepat pada areal tanaman yang masih sehat.

"Kebun karet yang terinfeksi jamur berdampak pada penurunan produksi lateks," ungkapnya.

Sopian mengemukakan sosialisasi mengenai pengendalian penyakit gugur daun karet Pestalotiopsis sp perlu disebarluaskan agar petani karet dan masyarakat sekitar lebih waspada.

"Sehingga mereka segera menangani dan ikut mengendalikan serangan penyakit ini dengan tanggap serta mandiri," pungkasnya. (yans/her/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait