Disbun Serahkan Gudang UPH Karet
08 Desember 2020 Admin Website Berita Daerah 229
Disbun Serahkan Gudang UPH Karet

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan menyerahkan bangunan gudang unit pengolahan hasil (UPH) karet kepada kelompok tani Harapan Jaya di Kelurahan Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Penyerahan bangunan gudang UPH karet diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad yang didampingi Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Mujito kepada Ketua Kelompok Tani Harapan Jaya, Asit, Senin (07/12) kemarin.

Ujang mengatakan bantuan berupa bangunan gudang bokar ini pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Direktorat Jenderal Perkebunan,Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2020.

“Gudang UPH ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, petani tidak perlu lagi terburu-buru menjual karetnya ketika harga sedang jatuh dan menahan karet disini selama berbulan-bulan, karet kemudian dapat dijual ketika harga sudah membaik,” ungkap Ujang.

Menurutnya, gudang UPH ini tidak sekedar menjadi tempat penyimpanan getah karet saja, tetapi juga menjadi lokasi pelatihan dan sosialisasi bersama petani lain guna berbagi ilmu bersama. Paling tidak, membeberkan bagaimana cara mengolah dan mengeringkan karet yang bermutu, serta cara menggunakan cairan pembeku deorub.

“Adanya bangunan gudang UPH ini diharapkan memicu semangat baru petani karet untuk terus berupaya meningkatkan mutu produk karet. Tentunya dampak semua ini adalah kesejahteraan masyarakat petani karet, yang kini menjadi profesi terbesar di wilayah Kota Balikpapan saat ini,” ujar Ujang lagi.  (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait