(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Brigade Proteksi Tanaman Harus Terampil Atasi OPT Penting Perkebunan

27 April 2018 Admin Website Berita Daerah 3373
Brigade Proteksi Tanaman Harus Terampil Atasi OPT Penting Perkebunan

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (UPTD P2TP) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Brigade Proteksi Tanaman Perkebunan kepada 10 petugas perkebunan selama empat hari di Samarinda, pekan lalu.

Kepala Dinas Perkebunan, diwakili Kepala UPTD P2TP, Supriyadi mengatakan perkebunan merupakan sektor andalan yang memberikan kontribusi besar kepada pendapatan petani dan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar sehingga diharapkan mampu menopang ekonomi Kalimantan Timur di masa mendatang. 

"Namun perlu diwaspadai adanya serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) perkebunan karena dapat mengakibatkan kematian tanaman dengan intensitas sangat tinggi sehingga mempengaruhi turunnya hasil produksi dan kerugian bagi petani pekebun", ungkap Supriyadi.

Sehubungan hal tersebut, lanjut Supriyadi, sebagai motor penggerak dalam melakukan tindakan pengendalian OPT, personil Brigade Proteksi Tanaman harus terampil dan terlatih sehingga perlu dilaksanakannya kegiatan ini.

"Guna membentuk sumberdaya manusia yang andal, selama kegiatan berlangsung, peserta dibekali dengan tatacara penggunaan alat dan bahan pengendalian, alat mobilisasi pengendalian, standard operasional prosedur sehingga mampu bergerak secara cepat dan tepat dalam melakukan tindakan pengendalian OPT di lapangan", tutur Supriyadi lagi.

Menurut Supriyadi, Brigade Proteksi Tanaman merupakan organisasi non structural, dapat langsung berada di bawah dinas yang membidangi perkebunan baik di provinsi maupun kabupaten/kota atau sebagai kelengkapan organisasi di UPTD P2TP.

Dalam kesempatan ini, dihadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perlindungan Perkebunan, Dr. Suyadi, MS, Dinas Perkebunan Kaltim dan pemandu lapang Kaltim  (rey/disbun)

SUMBER : UPTD PENGEMBANGAN PERLINDUNGAN TANAMAN PERKEBUNAN

Artikel Terkait