Ratusan Ton Siap Dipanen
12 Maret 2008 Admin Website Artikel 285
Setelah beberapa waktu lalu melakukan panen rumput laut di kawasan perairan Bato Ota, Sengata Utara, kini giliran Teluk Kaba, Kecamatan Teluk Pandan juga memanen rumput laut dengan hasil yang cukup baik.

"Panen raya rumput laut ini direncanakan pada hari Jumat 14 Maret nanti yang akan dilakukan Pak Bupati Awang Faroek Ishak," kata Kadis Perikananan dan Kelautan Kutim Timur Luri Saksono didampingi Kasubdin Produksi, Heldy Frianda.

Dijelaskan, kawasan perairan yang dilakukan budidaya rumput laut itu dikelola oleh kelompok tani sebanyak 90 orang dan terbagi dalam empat kelompok tani/nelayan. Sedangkan jumlah jalur yang yang ada sekitat 900 jalur, namun yang bakal dipanen sekitar 500 sampai 600 jalur.

Dari budidaya rumput laut yang ada di Teluk Kaba itu, diperkirakan mencapai sekitar 5-6 ton berat basah untuk satu titik. Jika yang dipanen 500 sampai 600 jalur, diperkirakan ratusan ton bakan diperoleh masyarakat Teluk Kaba, terutama empat kelompok tani/nelayan.

"Rumput laut yang akan dipanen itu sebagian besar merupakan bibit yang disalurkan melalui dana APBD I, APBD II dan swadaya masyarakat sendiri," kata Luri dibenarkan Heldy.

Pihaknya berharap, dengan bukti budidaya rumput laut tersebut akan semakin memberikan semangat bagi masyarakat untuk terus meningkatkan budidaya komoditi tersebut. Sebab, program revitalisasi sector perikanan juga mendukung program Pemkab Kutim tentang revitalisasi pertanian dalam arti luas.

Pihaknya bersama masyarakat pesisir akan terus melakukan budidaya sector perikanan dan kelautan dengan maksimal. Sebab, di kawasan pesisir ini Kutim memiliki garis pantai sekitar 152 km dan 4 mil kearah laut. Namun sekarang ini belum digarap secara maksimal.

Melalui pembudidayaan komoditi yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti rumput laut, pihaknya yakin Kutim memiliki masa depan yang cukup cerah. "Kita harapkan sektor kelautan ini juga menjadi andalan Kutim ke depan suatu saat nanti," harap Timur Luri.

Dijelaskan, di Kecamatan Sengata Selatan terdapat sekitar 16 kelompok tani/nelayan yang bergerak di bidang perikanan, termasuk yang mengelola dan mengembangkan budidaya bandeng dan udang.

Pada kesempatan panen raya rumput laut di Teluk Kaba itu nanti, Bupati Awang Faroek juga bakal menyerahkan SK (Surat Keputusan) Kelompok Tani, SK Pokwasmas, SK IUP Budidaya Rumput laut, serta Cold Box secara simbolis.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, RABU, 12 MARET 2008

Artikel Terkait