UPACARA PERINGATAN HARI PERKEBUNAN KE 54 TAHUN 2011
19 Desember 2011 Admin Website Artikel 294

SAMARINDA. Upacara peringatan Hari Perkebunan Ke-54 Tahun 2011 dengan tema "Perkebunan Berkelanjutan Sebagai Penggerak Ekonomi Wilayah" telah berlangsung pada hari Senin tanggal 19 Desember 2011 bertempat di Halaman Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, H. Muhammad Sa'bani selaku Inspektur,  upacara ini diawali dengan pembacaan sejarah singkat perkebunan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara serta pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Sambutan Direktur Jenderal Perkebunan oleh Inspektur Upacara. Dalam sambutan yang dibacakan, Direktur Jenderal Perkebunan  mengingatkan bahwa Peringatan Hari Perkebunan disamping untuk merayakan "Hari Perkebunan ke-54" yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2011 yang lalu,  juga  diharapkan mampu meningkatkan dan membangun citra positif perkebunan di Indonesia sesuai dengan Undang - Undang Nomor 18 tahun 2004 tentang Perkebunan.

"Sebagaimana dimaklumi Perkebunan merupakan salah satu sub sektor strategis yang secara ekonomis, ekologis dan sosial budaya memainkan peranan penting dalam pembangunan nasional sehingga diharapkan mampu meningkatkan dan membangun citra positif bahwa perkebunan di Indonesia benar - benar dilakukan dengan menerapkan kaidah - kaidah berkelanjutan dan terbuktui sebagai sumber dan penggerak ekonomi wilayah", H. Muhammad Sa'bani dalam sambutannya

Hari Perkebunan merupakan hari bersyukur, hari berbagi dan hari berbakti masyarakat perkebunan atas  anugerah dan keberhasilan pembangunan selama ini. "Adapun tujuan diadakannya Hari Perkebunan ke-54 ini diantaranya adalah menanamkan arah pengembangan perkebunan yang berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan peran perkebunan sebagai penggerak ekonomi wilayah. Selain itu juga guna menumbuhkan kepedulian terhadap masalah - masalah pembangunan ekonomi nasional" tambahnya lagi.

Sedangkan sasaran yang hendak dicapai pada peringatan Hari Perkebunan ke 54 antara lain adalah menggaungkan peringatan Hari Perkebunan sampai pada tingkat Kabupaten/Kota, penyebarluasan hasil - hasil pembangunan perkebunan kepada seluruh lapisan masyarakat dan turut memotivasi seluruh insan perkebunan untuk meningkatkan kinerja pembangunan perkebunan.

Berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Perkebunan No. 438/TU.220/E/11/2011 tanggal 3 Nopember 2011 tentang Hari Perkebunan ke-54 dimaksudkan untuk membangun kebersamaan dan semangat nasionalisme dalam meningkatkan pengabdian dan peran perkebunan sebagai penggerak wilayah.

Upacara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Lomba E-Gov Perkebunan Award 2011 . Untuk kategori Provinsi, peringkat I diraih oleh UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan, peringkat II diraih oleh Bidang Usaha dan peringkat III diraih oleh UPTD Pengawasan Benih Perkebunan.

Sedangkan kategori Kabupaten/Kota, peringkat I diraih oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur, peringkat II diraih oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Malinau dan peringkat III diraih oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser. (rey)

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait