Tiga Kecamatan Dibantu Bibit Kakao
30 April 2008 Admin Website Artikel 289
Kepala Dinas Perkebunan Berau Wisnu Haris mengatakan, program Pemkab Berau memberdayakan petani perkebunan kakao di masyarakat terus digiatkan. Bantuan kepada Kelay 165 ribu pohon dibagi di 5 kampung seperti Merasa, Muara Lesan, Lesan Dayak, Merabu, dan Long Play.

Segah mendapatkan jatah 60 ribu pohon bibit kakao yang ikan kepada kampung Gunung Sari, serta Sambaliung mendapatkan 75 ribu pohon bibit kakao yang dibagikan kepada 3 kampung di antaranya Tanjung Prangat, Sukkan Trans, dan Sambaliung Trans.

Bantuan bibit yang dibagikan Disbun ini tidak lain untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui perkebunan rakyat yang selama ini diprogramkan Pemkab Berau melalui Disbun.

Karena hasil perkebunan kakao tahun lalu cukup baik, terutama dengan harga kakao yang saat ini cukup bagus di pasaran. Selain itu petani perkebunan rakyat ini juga mendapatkan peralatan perkebunan seperti alat semprot, obat-obatan pertanian, dan peralatan perkebunan lainnya.

Wisnu mengatakan, beberapa kecamatan yang sudah menerapkan perkebunan kakao ini mendapatkan hasil yang cukup bagus, seperti petani kakao di Teluk Bayur kampung Tumbit Melayu dan kampung Tumbit Dayak serta di Gunung Tabur, dan sekitarnya. "Hasil panen perkebunan kakao di beberapa kawasan sentral produksi kakao di beberapa kecamatan hasilnya cukup bagus, walaupun dengan kualitas yang belum bagus. Oleh karena itu, untuk pemberian bibit kakao yang diberikan di 3 kecamatan ini, kualitas bibit cukup bagus yang semuanya didatangkan dari luar daerah," kata Wisnu.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 26 APRIL 2008

Artikel Terkait