Website Disbun Kaltim Masuk 10 Besar Nasional
28 Juni 2011 Admin Website Artikel 289

SAMARINDA. Satu lagi prestasi yang ditoreh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur di bidang teknologi informatika dan pelayanan publik online, website yang beralamat http://perkebunan.kaltimprov.go.id berhasil lolos dalam daftar nominasi 10 Besar Lomba Website SKPD Pertanian Tingkat Provinsi Lingkup Kementerian Pertanian seluruh Indonesia tahun 2011 menyisihkan 57 website SKPD Pertanian tingkat Provinsi lainnya.

“Lomba ini telah berlangsung sejak bulan Maret lalu, merupakan ajang serupa yang kedelapan kalinya diselenggarakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (PUSDATIN), Kementerian Pertanian, dimananya pesertanya terdiri dari Unit Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian Tingkat Provinsi dan SKPD Pertanian tingkat Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web”, jelas Kepala Sub Bagian Perencanaan Program, H. Sudihardani saat ditemui di ruang kerjanya Senin (27/6) sore kemarin.

Lomba web yang kali ini bertema “Manfaatkan situs web sebagai sarana pelayanan kepada masyarakat yang mudah dan murah” telah memasuki tahap seleksi awal, dimana tahap ini Panitia telah melakukan pengecekan kelengkapan identitas situs web, isi, fitur dan layanan publik serta melakukan uji respon terhadap layanan interaksi.

Berdasarkan Berita Acara Penetapan daftar Peserta Lomba Situs Web Kementerian Pertanian Tahun 2011 No.104/PL.210/A6/2011, Daftar Nominasi 10 Situs Web Kategori SKPD Provinsi yang akan dinilai lebih lanjut oleh Tim Juri adalah sebagai berikut (penyajian tidak berdasarkan peringkat) :

1. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Riau
2. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jambi
3. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prov. Jawa Barat
4. Dinas Perkebunan Prov. Jawa Barat
5. Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Prov. DI. Yogyakarta
6. Dinas Perkebunan Prov. Jawa Timur
7. Dinas Peternakan Prov. Jawa Timur
8. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Nusa Tenggara Barat
9. Dinas Perkebunan Prov Kalimantan Barat
10. Dinas Perkebunan Prov. Kalimantan Timur

Selanjutnya, hasil dari seleksi awal tersebut akan diserahkan kepada Tim Juri untuk dinilai secara online mulai 1 s/d 25 Juli 2011 mendatang. Info lebih lanjut dapat mengunjungi http://deptan.go.id/lombaweb/

"Dinas Perkebunan Kaltim telah lama memiliki situs, namun saat ini terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan akses. Tujuannya untuk memaksimalkan jaringan tersebut, sebagai media untuk mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat petani dan pekebun," tambah Sudihardani lagi.

Website ini juga dibuat untuk memudahkan petani dan masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan harga sejumlah komoditas perkebunan di daerah ini. Langkah tersebut dilakukan untuk menuju penerapan e-Government. Karena melalui situs atau web, dapat diakses siapa saja yang berkepentingan untuk kemudahan komunikasi dan informasi meskipun dalam jarak jauh.

“Tahun 2005 yang lalu website kami pernah meraih juara 2 tingkat nasional. Sedangkan tahun 2009 dan 2010 yang lalu hanya menempati posisi 7 besar. Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Tahun ini kami menargetkan bisa masuk lima besar nasional, selain akan terus meningkatkan pelayanan publik berbasis web ini kepada masyarakat luas” harap Sudihardani lagi. (rey)

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait