SKPD Kembali Dinilai
19 Oktober 2012 Admin Website Artikel 288
SAMARINDA. Penilaian untuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terbaik dan penghargaan panji-panji terhadap Pemerintah Kabupaten dan Kota akan kembali dilakukan. Tujuannya, agar SKPD dan Pemerintah Kabupaten dan Kota bersaing memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Penilaian tersebut diberikan Pemprov Kaltim sebagai bentuk apresiasi, motivasi dan evaluasi kinerja setiap SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kaltim dalam melaksanakan tupoksinya," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim yang juga sebagai Ketua Tim Penilai SKPD Terbaik, Hj Halda Arsyad, Kamis (18/10).

Diharapkan dengan penilaian dan penghargaan ini agar memacu kinerja SKPD dan Pemerintah Kabupaten dan Kota sebagai pelayan masyarakat. Perhargaan SKPD dan panji-panji kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota terbaik merupakan tahun ketiga dalam agenda rutin Pemprov Kaltim yang nantinya secara simbolis diserahkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada acara peringatan HUT Provinsi Kaltim 2013.

Kriteria penilaiannya disusun oleh Tim Penilai dari beberapa SKPD penanggungjawab yang hasilnya akan dituangkan dalam Pergub Kaltim tentang pedoman penilaian SKPD terbaik dan panji-panji penghargaan.

"Kategori SKPD terbaik yang disampaikan ada tujuh penghargaan, antara lain Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Kepegawaian, Pengelolaan Barang Milik Daerah, SKPD inovatif dan penghargaan keseluruhan kategori untuk juara umum," jelasnya.

Indikator SKPD inovatif antara lain pernah meraih Penghargaan Internasional nilainya maksimal 25 poin, Penghargaan nasional 15 poin, Penghargaan Daerah 5 poin, Akreditasi/Sertikasi 30 poin dan HAKI (patent, invensi, terobosan SKPD dalam hal baru untuk menunjang pelaksanaan Tupoksi nilainya 25 poin.

Sementara Penghargaan Panji-Panji Keberhasilan Pembangunan berjumlah 33 Panji. Adapun bidang panji yang diusulkan untuk tahun 2013 ini sebanyak 35 panji penghargaan. (jay/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait