Sekolah Lapang Petani Lada di Muara Badak
Sekolah Lapang Petani Lada di Muara Badak

SAMARINDA. Setelah melaksanakan pembukaan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani lada di Sepaku, PPU, beberapa waktu lalu, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Bidang Perlindungan kembali melaksanakan kegiatan serupa di kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara.

Menurut Kepala Disbun Kaltim yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan, Ir H Yus Alwi Rahman, M.Si, kegiatan dibuka Senin (29/4) lalu diperuntukkan kepada 50 petani lada dari 2 kelompok tani, yaitu kelompok tani Karya Baru desa Sungai Bawang dan kelompok tani Harapan Kita desa Tanah Datar dari Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.Kegiatan ini  merupakan kelanjutan dari SL-PHT tahun lalu, rencananya dilaksanakan selama 8 kali pertemuan.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan praktis kepada petani lada dan bersifat lanjutan, berlangsung Senin (29/4) lalu dan selama 8 kali pertemuan. Pengetahuan yang diberikan adalah secara garis besar. Teori hanya sepintas, yang lebih banyak praktek di lapangan," kata Yus Alwi.

SL-PHT, lanjutnya, lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya gangguan organisme pengganggu yang hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyaknya akan membantu petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini. (rey)
 
SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait