Eksplorasi BBN dari Tandan Kosong Kelapa Sawit
18 Agustus 2009 Admin Website Artikel 341
#img1# Kepala Pusat Litbang Perkebunan Dr. M Syakir mengatakan Indonesia memiliki kekayaan plasma nutfah tanaman BBN yang cukup banyak seperti kelapa sawit, kelapa, ubi kayu, tebu, jarak pagar, nyamplung, kemiri, kemiri sunan, mikro algae dan lainnya.

"Sudah selayaknya Indonesia lebih dahulu memanfaatkan potensi yang ada tersebut," tambah Syakir dalam Simposium V Hasil Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dengan tema "Teknologi Perkebunan Menjawab Krisis Energi".

Selain itu lanjutnya BBN generasi 1 dan 2 juga harus sudah mulai diekplore seperti lignoselulosa dari tandan kosong kelapa sawit, kulit batang sagu, jerami dan lain sebagainya.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung pengembangan tanaman BBN dalam krisis energi adalah perlunya penetapan prioritas komoditas yang akan dikembangkan, penyusunan roadmap komoditas, selanjutnya ditindaklanjuti dalam bentuk aksi sehingga hasil dapat dicapai seperti yang telah ditargetkan.

"Selain itu diperlukan adanya konsistensi dalam melaksanakan program BBN baik sumber daya manusianya maupun anggaran penelitian yang diperlukan," tambah Syakir.

Tujuan dari Simposium ini adalah untuk memperkenalkan teknologi hasil penelitian dan inovasi teknologi, yang sekitar 60% dari komoditas yang dibahas merupakan komoditas penghasil bahan baku Bahan Bakar Nabati (BBN).

DIKUTIP DARI SINAR TANI, SELASA, 18 AGUSTUS 2009

Artikel Terkait