Sejuta Ha Sawit Tercapai 2013
27 Maret 2012 Admin Website Artikel 237

SAMARINDA. Perkembangan sektor perkebunan di Kaltim tiap tahunnya memberikan hasil menggembirakan yang ditunjukkan dengan peningkatan luas areal perkebunan. Saat ini hasil perkebunan kelapa sawit berupa Crude Palm Oli (CPO) dan produk turunannya telah menjadi pilihan alternatif bagi pemenuhan sumber daya energi serta akan menjadi lokomotif pembangunan ekonomi Kaltim ke depan.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy saat meresmikan Gedung Serbaguna milik PTPN XIII di Kecamatan Long Pinang, Kabupaten Paser, Kamis pekan lalu.

Lanjut Farid Wadjdy, program penanaman kelapa sawit satu juta hektar, hampir dapat dipastikan tercapai paling lambat pada 2013 mendatang. Indikasi keberhasilan mencapai target tersebut karena hingga saat ini kelapa sawit yang telah tertanam mencapai 821.000 hektar.

"Kita optimis sisa 279.000 hektar yang belum ditanam dapat terealisasi sebelum 2013. Untuk itu saya meminta partisipasi perusahaan dan masyarakat untuk menyukseskannya," ujar Farid.

Sedangkan terkait Gedung Serbaguna PTPN XIII yang baru saja diresmikan, Wagub Farid Wadjdy berharap agar dapat digunakan sebagai sarana pertemuan, baik untuk internal perusahaan maupun untuk masyarakat sekitarnya.

Gedung serbaguna ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kelapa sawit wilayah Kalimantan tersebut bagi masyarakat sekitar melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR).

Dengan adanya Gedung Serbaguna yang ini diharapkan dapat menjalin kebersamaan, kekompakan dan dapat memberikan ruang yang cukup untuk semua pihak dalam meningkatkan kreatifitas di bidang organisasi kemasyarakatan, kegiatan keagamaan, seni budaya dan lain sebagainya.

"Gedung serbaguna dapat menjadi media komunikasi dan silaturahmi antara perusahaan, petani dan masyarakat. Selain itu gedung ini hendaknya dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sosial masyarakat," harapnya.

Saat peresmian Gedung Serbaguna PTPN XIII Kalimantan yang tergabung dalam rangkaian HUT Satpol PP ke 62 di Tanah Grogot, Kabupaten Paser, juga diberikan bantuan peralatan pertanian berupa traktor tangan (hand tracktor) dan berbagai jenis pupuk dan obat-obatan bantuan dari Dinas Pertanian dan Hortikultura Kaltim yang diserahkan Wagub Farid Wadjdy kepada petani.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN XIII, B Rahman menyatakan kesiapannya untuk terus mengembangkan perkebunan kelapa sawit sesuai dengan target Pemprov Kaltim sebanyak satu juta hektar hingga tahun 2013.

"Kami berharap, PTPN XIII dapat turut berpartisipasi dalam penanaman kelapa sawit untuk menutup kekurangan 279.000 hektar yang belum tertanam," ujar Rahman.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM


Artikel Terkait