Raperda Perkebunan Berkelanjutan Benteng Perekonomian Berkerakyatan
19 September 2017 Admin Website Berita Daerah 320
Raperda Perkebunan Berkelanjutan Benteng Perekonomian Berkerakyatan

SAMARINDA. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan merupakan benteng perekonomian berkelanjutan berbasis kerakyatan sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak. Hal tersebut diutarakan Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Edy Kurniawan ketika memimpin rapat Komisi II dengan Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan dan Biro Hukum Setda Prov Kaltim, Senin (18/09) kemarin.

Menurut Edy, semangat dari raperda ini adalah bagaimana adanya payung hukum yang nantinya dapat menjadi acuan bersama baik kabupaten/kota maupun Provinsi Kaltim dalam menciptakan pembangunan perkebunan yang jauh lebih baik lagi sekarang.

“Intinya, bagaimana memaksimalkan pertumbuhan ekonomi dari sektor perkebunan yang otomatis memberikan dapak positif bagi pendapatan daerah. Terlebih sektor ini terbaharukan sehingga dapat berkesinambungan,” tegas Edy didamping Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dadang Sudarya.

Edy Kurniawan menyampaikan harapannya agar raperda ini dapat segera disahkan pada Masa Sidang III DPRD Kaltim. Untuk itu dia meminta agar pihak-pihak terkait dapat fokus membantu proses pembahasan raperda.

“Jika melalui pansus, raperda ditarget dibahas selama tiga bulan, namun melalui komisi tidak ada batasan waktu. Untuk itu kami minta bantuan dan dukungan dari dinas-dinas terkait untuk fokus membahas raperda agar dapat segera disahkan,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, turut dibahas Raperda tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif yang merupakan raperda inisiatif DPRD Kaltim, diharapkan dapat meningkatkan populasi dan produktivitas ternak sapi dan kerbau, serta mewujudkan Kaltim swasembada daging. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT



Artikel Terkait