Rancang 7 Aspek Penas KTNA 2011
14 Januari 2011 Admin Website Artikel 292

PEKAN Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-13 yang digelar 18 - 23 Juni di Kutai Kartanegara (Kukar), akan dirancang dengan tujuh aspek penyelenggaraan. Aspek-aspek tersebut merupakan upaya penting menentukan keberhasilan petani nelayan serta masyarakat pelaku agribisnis lainnya.  

Ketujuh aspek itu, adalah pertama upacara dan apresiasi, kedua kepemimpinan dan kemandirian kontak tani nelayan. Ketiga, kemitraan usaha dan jaringan informasi agribisnis. Keempat, pengembangan teknologi dan kualitas produksi agribisnis. Kelima, pengembangan wirausaha petani nelayan dan kesadaran lingkungan. Keenam, sinkronisasi program pembangunan pertanian pusat dan daerah, serta terakhir tentang kesekretariatan.

Dalam hal upacara dan apresiasi meliputi kegiatan pembukaan dan penutupan. Rencananya pembukaan Penas KTNA dibuka oleh Presiden RI. Setelah itu Presiden dan pejabat tinggi negara akan melakukan temu wicara dengan peserta Penas KTNA. Penghargaan juga akan diberikan pada orang yang berjasa dan berprestasi di bidang pertanian dalam arti luas.

Pada aspek kepemimpinan dan kemandirian kontak tani nelayan, mencakup kegiatan rembuk, temu profesi, temu petani ASEAN dan Jepang, serta digelar juga temu sukses petani dan penyuluh pertanian. Sedangkan aspek kemitraan usaha dan jaringan informasi agribisnis meliputi pameran pembangunan pertanian nasional, temu usaha agribisnis, lomba stan.

Selain itu digelar expo aquaculture, expo agroforestry, pengembangan pasar lelang hasil pertanian, ekspo dan kontes peternakan nasional, dan pengembangan jaringan informasi agribisnis.

Aspek pengembangan teknologi dan kualitas produksi agribisnis, akan diadakan temu teknologi, temu karya, studi banding dan widyawisata. Acara juga diisi dengan peragaan, unjuk tangkas, dan asah terampil antarpeserta Penas.
Sementara pada aspek pengembangan wirausaha petani nelayan dan kesadaran lingkungan, meliputi karya wirausaha petani nelayan, karya agroforestry lestari. Guna memeriahkan Penas, juga digelar olahraga dan keakraban serta festival kesenain daerah.

Sedangkan dalam aspek sinkronisasi program pembangunan pertanian pusat dan daerah, akan digelar temu teknis Dirjen/Badan di lingkup Kementerian Pertanian. Selain itu akan digelar rapat pimpinan paripurna Kementerian Pertanian, Kementrian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta BUMN. Dalam aspek ini juga akan digelar temu teknis kepala kelembagaan penyuluh pertanian, perikanan, kelautan, dan kehutanan.

Pada aspek kesekretariatan, bakal lebih fokus pada kepanitiaan Penas, meliputi ketatausahaan, publikasi, dokumentasi dan pelaporan, transportasi akomodasi dan konsumsi, serta kesehatan keamanan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kaltim Hj Siti Hidayah mengatakan, dengan segala kegiatan yang dirancang pada Penas ini, bisa menjadi inspirasi sekaligus energi yang bisa mendobrak kemacetan berpikir dalam kerangka meningkatkan daya saing. Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel menambahkan, saat ini kepanitiaan Penas Kukar terus melakukan persiapan guna suksesnya agenda nasional tersebut.

 

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 13 JANUARI 2011


Artikel Terkait