Kukar Raih Panji Keberhasilan Bidang Perkebunan
13 Januari 2016 Admin Website Berita Kedinasan 281
Kukar Raih Panji Keberhasilan Bidang Perkebunan

SAMARINDA. Kabupaten Kutai Kartanegara kembali meraih peringkat pertama Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perkebunan, yang diberikan Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak kepada Pj Bupati Kukar, Chairil Anwar pada Upacara Peringatan HUT Kaltim ke-59 tahun 2016 di Stadionn Madya Sempaja, Samarinda, Senin (11/01) kemarin.

Pemprov Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) telah melakukan penilaian kepada kabupaten/kota yang telah berperan dalam pembangunan perkebunan di wilayah Kaltim.

"Panji keberhasilan pembangunan bidang perkebunan diberikan kepada kabupaten dan kota di wilayah Kaltim yang kami nilai telah berperan aktif dan mendukung pembangunan perkebunan di wilayahnya. Dalam hal ini, Kabupaten Kukar berhasil meraih peringkat pertama," ujar Kepala Disbun Kaltim, Hj Etnawati, Selasa (12/01).

Kemudian, lanjutnya, menyusul peringkat kedua diraih oleh Kabupaten Berau dan peringkat ketiga diraih oleh Kabupaten Kutai Barat.

Adapun, menurutnya, aspek penilaian mencakup capaian luas dan produksi komoditi unggulan perkebunan, diantaranya kelapa sawit, karet, lada, kakao dan kelapa dalam.

Khusus kelapa sawit dinilai juga persen pembangunan kebun masyarakat (kebun kemitraan dan Swadaya), jumlah kapasitas pabrik kelapa sawit.

Selain itu, dukungan APBD II dari Kabupaten/ Kota dalam mendukung pembangunan perkebunan, turut menjadi indikator penilaian.

"Penghargaan ini rencananya akan diberikan setiap tahunnya kepada pihak yang berprestasi dan memotivasi dalam pengembangan pembangunan perkebunan secara berkelanjutan," tutur Etnawati. (rey)

SUMBER: SEKRETARIAT


Artikel Terkait