Plasma Rakyat Perlu Dimaksimalkan
06 April 2010 Admin Website Artikel 226
#img1# Lebih lanjut dikatakannya bahwa program plasma rakyat perusahaan kelapa sawit harus dimaksimalkan sebagai salah satu upaya meningkatan ekonomi kerakyatan.

Ismail tak menampik bahwa saat ini pemerintah lengah untuk memaksimalkan peran perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh berbagai perusahaan. "Contohnya tidak adanya peraturan yang mengharuskan setiap perusahaan kelapa sawit membuat plasma rakyat mulai dari 20 hingga 25 persen dari total luas areal produksi. Ketidaktegasan ini tentu membuat plasma kurang bisa berkembang dengan baik,"ucap Ismail.

Dicontohkannya gebrakan dari Kabupaten Penajam Paser Utara yang mewajibkan perusahaan kelapa sawit membangun 20 persen kebun plasma rakyat. "Jadi program plasma rakyat ke depan harus menjadi perhatian serius pemerintah. Biar bagaimanapun, masyarakat sekitar akan sangat diuntungkan, tidak seperti saat ini kebanyakan perusahaan hanya menyewa lahan masyarakat saja," katanya.

Masayarakat, menurut politikus dari Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) itu tidak lagi hanya diuntungkan dari hasil sewa lahan tetapi turut serta pula dalam produksi. "Apabila dilakukan secara berkesinambungan maka secara otomatis masyarakat terlatih dalam bidang usaha kelapa sawit," pungkas Ismail.

DIKUTIP DARI SAMARINDA POS, SABTU, 3 APRIL 2010

Artikel Terkait