Kembangkan Energi Listrik dari Limbah Sawit
21 Juni 2014 Admin Website Berita Daerah 384
Kembangkan Energi Listrik dari Limbah Sawit
TANA PASER. Krisis listrik yang masih menjadi persoalan bagi masyarakat Kabupaten Paser tampaknya segera berakhir. Hal itu dibuktikan dari langkah Pemkab Paser yang akan mengembangkan teknologi energi listrik baru.
 
Teknologi yang rencananya dikembangkan Pemkab Paser adalah energi listrik dengan menggunakan limbah kelapa sawit atau energi ramah lingkungan (green power). Diharapkan dengan diterapkannya teknologi ini, krisis listrik di Bumi Daya Taka bisa berakhir dan limbah sawit yang disebut-sebut merusak lingkungan juga dapat diatasi.
 
Rencana pengembangan listrik limbah sawit tersebut disampaikan Bupati Paser HM Ridwan Suwidi di hadapan pimpinan perusahaan sektor perkebunan, baik lahan pengembangan kelapa sawit maupun industri kelapa sawit dalam rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi kegiatan usaha perkebunan bidang pembinaan dan pemasaran hasil perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser di Grand Sadurengas Hotel, Selasa (18/6).
 
"Dalam waktu segera, kita akan mencoba mengembangkan teknologi pembangkit listrik dengan memanfaatkan limbah kelapa sawit. Dengan banyaknya perusahaan perkebunan kelapa sawit di Paser, maka diyakini sistem ini dapat mengatasi krisis listrik yang terjadi saat ini," ungkap Ridwan Suwidi dengan nada serius.
 
Karena itu, bupati didamping Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setkab Paser Ir Amiruddin Ahmad dan Kadis Pertanian dan Perkebunan Ir Abdul Rasid berharap dukungan seluruh pengusaha perkebunan yang ada di Paser, dan rencana itu diharapkan Bupati dapat diseriusi seluruh jajaran sektor perkebunan.
 
"Jumlah limbah cair kelapa sawit di Paser sangat banyak karena luas perkebunan sawit sudah mencapai 157.116 hektare lebih, tetapi hingga kini limbah sawit belum dikelola maksimal padahal manfaatnya sangat besar untuk pembangkit listrik," tandasnya. (hms9/hh/tom/k15)

SUMBER : http://kaltimpost.co.id/berita/detail/80311-kembangkan-energi-listrik-dari-limbah-sawit.html
 



Artikel Terkait