Petani Karet PPU Terima Bantuan Pasca Panen
05 September 2022 Admin Website Berita Daerah 67
Petani Karet PPU Terima Bantuan Pasca Panen

PENAJAM. Dalam upaya mendukung peningkatan program pengembangan pengolahan perkebunan dan peningkatan mutu dari komoditi perkebunan, khususnya karet, maka Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan kembali menyerahkan bantuan berupa 50 liter cairan pembeku lateks yang diperuntukkan kepada Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Setia Kawan di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara pada Jumat (02/09) kemarin.

“Tahun 2022 ini, kami memperoleh dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05), Kementerian Pertanian guna mendukung kegiatan sarana fasilitasi pengolahan karet di beberapa wilayah di Kaltim” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim diwakili oleh Pengawas Mutu Hasil Pertanian Muda, Hesti Dameswari, saat ditemui di kantor Dinas Perkebunan Senin (05/09) pagi.

Hesti memaparkan, Kaltim merupakan daerah yang sangat sesuai untuk pengembangan dan pembangunan subsektor perkebunan, termasuk komoditi karet. Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar pengolahan pasca panen karet (lateks) menjadi lebih berkualitas sesuai standard nasional.

Ditambahkannya, UPPB Setia Kawan juga diberikan bantuan alat tulis kantor berupa kertas kop surat UPPB, kalkulator, buku agenda, buku keuangan, kwitansi map arsip dan bolpoint.

Selain itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan dan diserahkan kepada 3 UPPB binaan lainnya yang tersebar di Kutai Timur, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara. Masing masing akan menerima 50 liter pembeku lateks merk SPECTA. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait