(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Motivasi Petani Kakao Melalui SL-PHT

12 April 2021 Admin Website Berita Daerah 2085
Motivasi Petani Kakao Melalui SL-PHT

TANJUNG REDEB. Dalam upaya memberikan pengetahuan praktis dan motivasi kepada petani Kakao, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani kakao murni di Desa Merasa, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau.

"Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk petani-petani Kakao yang andal serta memiliki kemampuan dan penguasaan pengetahuan lebih mengenai teknik dan tatacara mulai dari pemilihan bibit kakao yang unggul, pengolahan tanah, perawatan tanaman dan buah, pemangkasan maupun penyemprotan hama," kata Kepala Dinas Perkebunan yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Siti Wahyuni di Samarinda, Jumat (09/04 kemarin).

Selain itu, menurutnya, SL-PHT yang diikuti oleh 25 orang petani ini rencananya dilaksanakan 16 kali hingga bulan Juli 2021 mendatang. Pelatihan lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi kakao selama ini diakibatkan adanya gangguan organisme pengganggu sedangkan upaya pengendalian hama sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT diharapkan sedikit banyaknya akan membantu petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

"Banyak keuntungan yang bisa didapat dari mengikuti program ini, sehingga diharapkan agar Disbun Berau turut mempertahankan program ini bahkan diperluas dan ditingkatkan. Karena begitu besar manfaatnya, terutama untuk mencapai kesejahteraan petani," harap Yuni. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait