Petani Berharap Pabrik Karet Dibangun
29 Agustus 2014 Admin Website Berita Daerah 296
Petani Berharap Pabrik Karet Dibangun

PENAJAM. Produksi karet di Kalimantan Timur begitu tinggi. Desa akan membangun pabrik yang mengolah bahan baku karet pun mencuat.

Ketua Asosiasi Pohon Karet PPU Tri Yowono berharap, pabrik karet bisa dibangun di PPU. Permintaan ini diutarakan saat Yuwono bersama rombongan Bupati PPU Yusran Aspar mengadakan audiensi di Kementerian Perindustrian, baru baru ini.

Dikatakan, produksi karet di Kaltim 500 ton per hari membuat provinsi ini layak memiliki pabrik. Dari beberapa kabupaten di Klatim yang memiliki lahan karet, PPU merupakan daerah respresentatif karena posisinya di tengah.

"Di PPU saja, saat ini tersedia 15 ribu hektare kebun karet. Belum lagi di daerah lain seperti Kutai Barat. Produksi di Kaltim bisa ditampung di daerah sendiri," terang yuwono.

Dia mengaku sudah merasakan hasil kebun karet. Bisa membantu ekonomi keluarga bahkan menyekolahkan semua anaknya sampai sarjana.

Untuk harga karet berkualitas biasa atau disebut lem Rp. 7.000 per kilogram. Sementara kualitas sedang Rp. 10.000 perkilogram dan super mencapai Rp. 40.000 perkilogram. Jika pabrik karet dibangun, ekonomi  daerah akan bergerak karena banyak menyerap tenaga kerja.

Yuwono mengaku sudah 2.000 hektare lahan kebun di PPU yang dipanen. "Semua petani berharap pengelolaan hasil alam di PPU bisa memberikan dampak kemajuan ekonomi daerah," paparnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 29 AGUSTUS 2014


Artikel Terkait