Pelatihan Fasda Bagi Petugas Teknis Perkebunan
07 April 2021 Admin Website Berita Daerah 28
Pelatihan Fasda Bagi Petugas Teknis Perkebunan

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim menggelar Pelatihan Fasilitator Daerah I (Fasda) Bagi Petugas Teknis Perkebunan/Penyuluh Lapangan yang membidangi Perkebunan Kabupaten/Kota se-Kaltim Kegiatan Pengembangan Kompetensi Penyuluh Pertanian ASN Bidang Pengembangan Komoditi Tahun 2021.

Saat membuka pelatihan, Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad, menyebutkan saat ini tercatat jumlah Fasda (Fasda I, II, dan III) di Kaltim, dimana fasda I dan Fasda II berjumlah 82 orang.

"Yang aktif kurang dari setengahnya. Karena pensiun, pindah tugas ke instansi lain, ataupun aktivitas lainnya," kata Ujang Rachmad, di Samarinda, Kamis (7/4/2021).

Petugas Fasda yang aktif 77 orang, kurang aktif/purna tugas 3 orang, meninggal dunia 2 orang, sehingga total petugas Fasda saat ini 82 orang.

Sedangkan tingkatan yang telah dimiliki petugas Fasda Kaltim untuk Fasda I sebanyak 65 orang, Fasda II (70) dan melanjutkan ke Fasda III (15 orang).
                                     
Ujang mengakui secara teknis upaya penguatan kelompok tani dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Meskipun demikian, lanjutnya, pendampingan pembinaan kelompok tani dapat dilakukan Fasda, LSM dan organisasi lainnya yang mampu untuk dilibatkan dalam penguatan kelompok tani.

Sedangkan, salah satu penggerek pencapaian strategi pemberdayaan, penguatan dan peningkatan kelembagaan petani adalah peran petugas teknis/penyuluh lapangan sebagai petugas pendamping perkebunan dilapangan.

"Mereka menjadi fasilitator daerah yang memiliki keahlian dan kemampuan menumbuhkan kebersamaan petani dengan menerapkan pola sistem kebersamaan ekonomi (SKE) dan kemitraan yang dibangun melalui proses dinamika," jelas Ujang.

Pelatihan selama dua hari (6-7 April) diikuti 26 petugas teknis/penyuluh pertanian lapangan kabupaten/kota se-Kaltim. (yans/sdn/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait