Pencanangan Hari Kakao Nasional
07 Agustus 2012 Admin Website Artikel 284
JAKARTA. Indonesia akan menyelenggarakan pencanangan hari kakao nasional yang dirangkai dengan sejumlah even yang mempromosikan perkakaoan nasional. Acara akbar ini rencananya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2012 yang diselanggarakan oleh pemerintah bekerja para stakeholder kakao seperti produsen kakao maupun asosiasi. Direncanakan tema pencanangan hari kakao nasional ini adalah:  Menuju Produsen Kakao Terbesar Dunia pada 2020 dengan sub tema : Hilirisasi industri kakao dan coklat nasional dalam rangka peningkatan konsumsi kakao dan cokelat.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan ini, kepanitian telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Deputi Bidang Koordinasi Pertanian dan Kelautan, Kementeriaan Koordinasi Bidang Perekonomian, yang diketahui oleh Adhi Lukman wakil dari Gabungan Asosiasi Produsen Makanan dan Minuman Indonesia beranggotakan wakil dari pemerintah antara lain Kemendag, Puslitkoka, Kementan, perusahaan bidang kakao antara lain PT. Frey Abadi, PT. BT Cocoa, PT Sarinah dan Asosiasi antara lain GAPMMI, AKFI, APKAI.

Acara ini direncanakan akan dibuka langsung Presiden Republik Indonesia yang saat bersamaan mencanangkan hari kakao. Kegiatan ini dirangkai dengan pemberian award untuk industri kakao, lomba chef, demo prosesing coklat serta talk show di media massa. Untuk menyambut acara tersebut telah  dirancang pula even tersebut diatas yang direncanakan akan berlangsung selama 3 hari.

Dengan adanya pencanangan hari kakao nasional diharapkan setiap tahunnya akan ada even akbar terkait perkakaoan. Kegiatan seperti ini akan  dijadikan ajang mempromosikan berbagai produk-produk olahan kakao maupun teknologi pengolahan nasional, dan secara tidak langsung dapat mengairahkan perkakaoan Indonesia.

SUMBER : DIREKTORAT TANAMAN REMPAH DAN PENYEGAR


Artikel Terkait