(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Etnawati : Disbun Waspadai Cuaca Ekstrim di Kaltim

16 Agustus 2016 Admin Website Berita Kedinasan 2437
Etnawati : Disbun Waspadai Cuaca Ekstrim di Kaltim

SAMARINDA. Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Hj. Etnawati menyampaikan kepada seluruh jajaran dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota se Kaltim agar mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, khususnya di wilayah Kaltim.

"Cuaca ekstrim yang terjadi dapat menimbulkan bencana, misalnya kebakaran lahan dan kebun serta penyebaran serangan penyakit dan hama penting perkebunan, sehingga masyarakat pekebun waspada terhadap ancaman tersebut," kata Etnawati, Senin, (15/08) pagi tadi.

Menurut dia, dampaknya tentu tidak akan terkendali bila hal itu terjadi. Kebakaran lahan dan kebun akan menyebar dengan cepat sehingga dapat berimbas terhadap pemukiman masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat pekebun termasuk perusahaan perkebunan diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Sementara itu, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya ledakan OPT tertentu, terutama dari golongan penyakit tumbuhan yang diakibatkan oleh cendawan / jamur perlu dilakukan pengamatan dan tindak pencegahan / pengendaliannya sejak dini.

"Pihak kami melalui Bidang Perlindungan dan Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (UPTD P2TP) akan menindaklanjuti dengan menyurati dinas perkebunan di kabupaten/kota agar dapat meningkatkan kewaspadaan dan himbauan terkait permasalahan ini untuk segera memaksimalkan usaha-usaha pencegahan sedini mungkin," jelasnya. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait