(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Mentarang Hulu Kembangkan Kopi

20 Juni 2008 Admin Website Artikel 2462
Camat Mentarang Hulu Mathias Seradu mengungkapkan, program utama dalam pembangunan ke depan dipriortaskan pada tiga pilar pembangunan. Yakni pertanian dalam arti luas, infrastruktur dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Termasuk juga di dalamnya diupayakan agar setiap desa bisa memiliki komoditi unggulan atau komoditi idola, yang saat ini sudah berjalan.

"Kecamatan Mentarang Hulu menargetkan kopi menjadi komoditi unggulan," sebut Mathias kepada media ini.

Ia juga mengatakan, pembangunan lainnya yang menjadi priortas utama adalah pembangunan ekonomi kerakyatan jangka menengah yang dapat memberikan dampak kepada warga desa terhadap peningkatan kesejahteraan.

Tetapi yang lebih penting lagi bagaimana warganya bisa menemukan atau menciptakan terobosan-terobosan jangka pendek yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Sebab Kecamatan Mentarang Hulu ini merupakan kecamatan baru dan masyarakatnya juga masih relatif bergantung pada alam.

#img2#Selain itu, desa mengupayakan menjaring keluhan-keluhan sekaligus memberikan motivasi kepada warga. Saat ini yang dilakukan warga Mentarang Hulu dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan adalah pengembangan perkebunan kopi.

Soal perbaikan dan peningkatan produksi pertanian, Mathias menganggap hal tersebut tergantung dari petani masing-masing dalam menggarap areal sawah dan ladangnya.

Tetapi Mathias optimistis warganya bisa berbuat lebih baik demi kesejahteraan mereka sendiri, apalagi setelah wilayah mereka dimekarkan menjadi sebuah wilayah kecamatan sendiri.

"Tentunya, mereka akan lebih terdorong untuk memacu pembangunan di desanya melalui dana Gerbang Dema desanya masing-masing," sebutnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 19 JUNI 2008

Artikel Terkait