Mentan: Tiap Kecamatan Bangun BPP
09 Februari 2009 Admin Website Artikel 294
Zakaria, salah seorang petani dari Kecamatan Loa Janan menyampaikan berbagai keluhan dan permasalahan seputar kerja keras petani, hingga kini belum juga bisa sejahtera. Bahkan Zakaria sendiri mengaku kesulitan mendapatkan informasi tentang bagaimana cara bertani yang baik. Karena itu, ada momen itu dia mengusulkan adanya Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang dibangun di Loa Janan.

#img1# Menanggapi keluhan petani tersebut, Anton Apriyanto mengatakan masalah pembangunan BPP sudah selayaknya ada di setiap kecamatan. Dengan keberadaan BPP nantinya akan berdampak positif bagi perkembangan pertanian di Kukar. "Ini usulan sangat bagus, dan sudah selayaknya BPP ini dibangun minimal tiap kecamatan," kata Anton.

Menurut dia, adanya balai penyuluh bukan saja tempat mencari informasi seputar pertanian, melainkan balai tersebut nantinya dapat digunakan untuk melakukan kegiatan berbagai pelatihan dan penyuluhan pertanian kepada para petani, "Silakan bangun BPP, mengenai biayanya dapat dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), ini boleh dianggarkan. Silakan dibangun dan saya percaya pemkab akan mendukung sepenuhnya. Karena BPP ini juga merupakan salah satu pendukung sekaligus informasi untuk para petani dalam meningkatkan kapasitas produksi pertaniannya masing-masing," bebernya.

Selain itu, tambah Mentan, juga terdapat berbagai informasi yang dapat diakses masyarakat, baik itu melalui internet, maupun buku-buku pertanian yang disediakan oleh Mentan RI. Nanti ada pula informasi pertanian dan tabloid Sinar Tani dari BPP. "Saya sangat mendukung, apa yang dikehendaki masyarakat petani di Kukar, khususnya di masing-masing kecamatan agar BPP dapat dibangun," sambungnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 9 PEBRUARI 2009

Artikel Terkait