Workshop SAI dan SABMN
13 Juli 2012 Admin Website Artikel 354

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menyelenggarakan Workshop Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dan Sistem Akuntansi Barang Milik Negara (SABMN), yang berlangsung di Hotel Grand Tiga Mustika, Balikpapan, Kamis (12/7).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Disbun Kaltim diwakili oleh Kepala Sub Bagian Keuangan, Drs. Syarifuddin Sabrie, dihadiri peserta pengelola SAI dan SABMN di lingkungan Disbun Kaltim, Disbun Kabupaten/Kota se Kaltim.

Dalam sambutannya mengatakan, perlunya tertib administrasi pada setiap instansi atau lembaga, termasuk Disbun. Barang inventaris Negara harus diregistrasi dan sudah habis masanya agar dihapuskan.

Pada workshop ini, Syarifuddin mengharapkan agar peserta dapat lebih mengoptimalkan peran dan fungsi sebagai pengelola barang milik daerah di unit atau lingkungan kerja masing – masing. Hal ini searah dengan target Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ingin dicapai oleh Pemprov Kaltim terhadap pengelolaan keuangan daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bagian penting yang harus diperhatikan untuk mencapai opini tersebut, lanjutnya, adalah bagaimana mengadministrasikan pengelolaan barang milik Negara yang baik. Pengadministrasian barang milik Negara harusnya dimulai dengan inventarisasi yang baik, dimana obyek inventarisasi meliputi barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN maupun yang berasal dari perolehan lainnya. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait