(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Perkebunan Untuk Kesejahteraan Rakyat

03 Maret 2021 Admin Website Berita Daerah 2309
Perkebunan Untuk Kesejahteraan Rakyat

SAMARINDA. Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor secara resmi membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program/Kegiatan Pembangunan Perkebunan Kaltim 2021 di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Rabu (03/03).

Rakorbun yang digelar Dinas Perkebunan Kaltim bertema Memperkuat Peran Perkebunan Berbasis Korporasi Petani dalam menopang Hilirisasi dan Pertumbuhan Ekonomi di tengah Pandemi Covid-19.

Gubernur Isran Noor mengungkapkan Rakorbun penting sebagai upaya sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan pada akhirnya terbentuk kolaborasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam mensejahterakan rakyat Benua Etam.

“Di era pandemi Covid-19 yang sudah berjalan satu tahun ini, kita sepakat untuk tetap melakukan kegiatan/aktivitas agar perekonomian masyarakat tetap berjalan. Peran perkebunan ternyata tetap eksis dan memiliki kontribusi yang besar didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi,” jelas Isran Noor.

Kalimantan Timur, sebut Isran, meskipun di era pandemi namun tetap mendapatkan surplus perdagangan sekitar 20 miliar dollar AS, terdiri berbagai macam komoditi perdagangan sumber daya alam (SDA), termasuk sektor perkebunan.

“Prestasi kita tetap dan jelas. Sektor perkebunan membantu menopang dan menahan defisit perdagangan negara,” sebutnya.

Untuk itu, mantan Bupati Kutai Timur ini berharap jajaran Disbun didukung mitra kerja dan stakeholder berkolaborasi meningkatkan pembangunan sektor perkebunan.

“Percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi melalui sub sektor perkebunan bukanlah tujuan akhir, tetapi bagaimana sektor ini berperan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagai the ultimate goal pembangunan. Orientasi pembangunan perkebunan haruslah rakyat sebagai center. Artinya jangan sampai terjadi pembangunan perkebunan justru membawa penderitaan bagi masyarakat,” pesannya.

Hadir secara luring dan daring, Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad, Kepala Disbun kabupaten/kota se Kaltim, Gapki Kaltim, Asosiasi Pekebun, perbankan, perusahaan perkebunan, mitra pembangunan perkebunan. (her/yans/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait