Karangan Makin Berkembang
22 November 2010 Admin Website Artikel 286
SANGATTA- Kecamatan Karangan yang merupakan salah satu wilayah pemekaran dari Kecamatan Sangkulirang, kini terus melakukan pembenahan di berbagai sektor. Seluruh warganya diajak untuk ikut berpartisipasi mendukung program pembangunan, sehingga daerah ini bisa lebih maju lagi.
 
Dengan adanya investor yang masuk, perkembangan Karangan lebih cepat terlihat. Terutama pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat, rekrutmen tenaga kerja lokal juga mendapat prioritas. Bukan itu saja, kontraktor lokal memiliki peran penting dalam memajukan pembangunan daerah ini, karena semakin mendapat tempat.
 
Investor yang dirasakan memberikan manfaat besar ada pada sektor perkebunan kelapa sawit. Potensi sumber daya alam yang dimiliki kecamatan ini memang cukup menjanjikan, jika dikelola dengan maksimal dan sungguh-sungguh.
 
“Dengan adanya perusahaan besar perkebunan kelapa sawit, kita harapkan perekonomian warga juga semakin membaik di masa mendatang. Bahkan perusahaan kelapa sawit itu sedang dalam tahap pembangunan pabrik CPO (Crude Palm Oil, Red),” kata Camat Karangan H Suwandi belum lama ini.
 
Sekarang, sebagian wilayah Karangan terlihat menghijau dengan hamparan luas perkebunan kelapa sawit. Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang semakin eksis adalah PT Telen dan PT Guntasama yang memiliki perkebunan sawit cukup luas. Perusahaan itu juga merekrut tenaga kerja lokal, sehingga masyarakat merasa diberdayakan. Demikian pula perusahaan perkebunan lainnya.
 
Menurut Suwandi, masuknya perusahaan perkebunan kelapa sawit di Karangan sebetulnya sudah cukup lama. Sebab, sebelum wilayah ini dimekarkan menjadi kecamatan definitif, perkebunan tersebut sudah ada. Cuma belum seluruh luasan areal kebun ditanami. Saat ini hampir semua areal milik perusahaan sudah tertanami bibit sawit.
 
Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Sangatta Selatan ini mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya perusahaan perkebunan kelapa sawit ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Terlebih lagi jika program pola kemitraan antara masyarakat dan perusahaan bisa terealisasi, tentunya bakal mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
Setidaknya dengan adanya kerjasama pola kemitraan seperti itu, masyarakat tidak lagi menjadi penonton. Apabila pihak perusahaan melakukan panen dan dapat menikmati hasil kebunnya sendiri dengan baik, masyarakat juga memiliki hasil yang sama meski perolehan hasilnya berbeda dengan perusahaan,” ujar Camat Suwandi.

Potensi sumber daya alam lain yang dimiliki Karangan adalah objek wisata pemancingan dan sarang burung walet. Namun keduanya belum tergarap maksimal, sehingga memerlukan polesan dan sentuhan investor agar bisa bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan daerah.
 
DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 20 NOPEMBER 2010

Artikel Terkait