Kaltim Usulkan Udang Galah, Karet dan Lada
27 April 2011 Admin Website Artikel 264

SAMARINDA - Kaltim akan mengusulkan tiga karya wirausaha yang akan ditampilkan pada perhelatan Pekan Nasional (Penas) XIII di Tenggarong, 18 - 23 Juni 2011. Tiga karya wirausaha yang diusulkan akan mencirikan potensi dan sukses petani dan nelayan di Kaltim secara umum.

"Mudah-mudahan ketiganya bisa lolos dalam seleksi panitia pusat Penas di Jakarta," kata Kepala Disnakertrans Kaltim, H Ichwansyah yang menjadi Koordinator Seksi Karya Wirausaha Penas XIII, Selasa (26/4).

Ketiga karya wirausaha yang akan diusulkan tersebut adalah pengusahaan udang galah di Kecamantan Anggana, pengolahan hasil panen karet di Kecamatan Marangkayu dan budidaya lada di Kecamatan Samboja.

Ketiga karya wira usaha tersebut akan bersaing dalam seleksi panitia pusat Penas, dimana setiap provinsi berhak mengusulkan tiga jenis keberhasilan masing-masing daerah. Sehingga jumlah usulan yang akan bersaing adalah berjumlah 99 karya wirausaha.

"Dari jumlah tersebut nantinya akan diseleksi menjadi 66 karya wirausaha dan diseleksi kembali hingga menjadi 12 karya wirausaha yang akan ditampilkan di arena Penas XIII," ungkap Ichwansyah.

Ichwansyah menjelaskan karya wirausaha ini merupakan kegiatan yang sengaja dikemas untuk mengekspose keberhasilan petani nelayan Indonesia dalam melaksanakan wirausaha skala kecil di pedesaan. Kegiatan yang akan diperagakan di arena Penas XIII adalah usaha kecil bidang industri kecil dan rumah tangga.

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19 - 22 Juni 2011 di Hall Pencak Silat Gor Aji Imbut Tenggarong.

"Untuk memastikan kesiapan tiga usul karya wirausaha kita, rencananya Minggu depan akan dilakukan peninjauan ke tiga karya wirausaha yang diusulkan," kata Ichwansyah.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

 


Artikel Terkait