Jumlah Peserta Penas Lebihi Kuota
16 Juni 2011 Admin Website Artikel 372
SAMARINDA - Ketua Panitia Daerah Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan 2011 Muhammad Yadi Sofyan Noor menjelaskan jumlah peserta Penas Kabupaten Kutai Kartanegara mengalami lonjakan dari jumlah yang diperkirakan sebelumnya. Kuota hanya 22.168 orang, tetapi sekarang ini melonjak menjadi 27.252 orang berarti ada penambahan sebanyak 5.084 orang.

"Dengan begitu pada acara pembukaan Penas XIII yang secara resmi dibuka Wakil Presiden Beodiono di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang pada tanggal 18 Juni mendatang melebihi 27.252 orang," ujar Yadi Sofyan Noor. Menurut dia, jumlah peserta tersebut berdasarkan daftar registrasi terakhir pada 8 juni lalu.

Padahal dari data daftar tersedia masih ada daerah yang belum mengirimkan data pesertanya, misalnya Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Jawa Barat dan daerah Gorontalo. Selain itu, ada beberapa daerah yang minta untuk penambahan kuota diantaranya Kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan dari kuota hanya 168 orang minta penambahan 300 orang, sehingga total keseluruhan dari kabupaten ini menjadi 468 orang.

"Tingginya animo untuk menambah peserta dari beberapa provinsi, tidak lain karena Penas yang menjadi agenda tetap Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional merupakan momentum sekaligus ajang menimba berbagai informasi dan pengetahuan dibidang pertanian," jelasnya.

Event temu KTNA se-Indonesia dengan jadwal empat tahunan ini merupakan ajang bertukar informasi dan teknologi sektor pertanian dari pelaku sektor ini dan ilmu yang didapat mampu di implementasikan di daerah masing-masing, sehingga apat meningkatkan taraf hidup para petani dan nelanyannya. Sedangkan, untuk tempat hunian (home stay) yang telah disediahkan panitia, sekitar jumlah yang dilebihkan yang mencapai 30 ribu orang yang terpisah di tiga kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, misalnya Kecamatan Loa Kulu, Tenggarong dan Tenggarong Seberang.

"Panitia Penas telah menyiapkan 2.051 rumah di 24 desa pada tiga kecamatan untuk pemondokan peserta event nasional itu. Lokasi pemondokan itu tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yakni Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Kecamatan Loa Kulu," ujarnya.

Ditambahkannya, untuk kedatangan kontingen peserta masing-masing daerah yang sejak beberapa hari lalu sudah mulai berdatangan di Kaltim. Baik menggunakan transportasi udara maupun laut, serta ferry penyeberangan, panitia telah menyiapkan di tiga titik kedatangan, misalnya Bandara Sepinggan Balikpapan, Pelabuhan Semayang maupun pelabuhan ferry penyeberangan Kariangau Balikpapan.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait