Disbun Fasilitasi Pemasaran Lada
10 Maret 2020 Admin Website Berita Daerah 44
Disbun Fasilitasi Pemasaran Lada

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan kegiatan Pertemuan Fasilitasi Pemasaran Lada Tahun 2020.

Kegiatan yang diikuti petani Lada diselenggarakan di Ballroom Hotel Ika Kelurahan Petung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurut Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad bahwa kegiatan pertemuan fasilitasi pemasaran Lada sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur Kaltim pada Rakor Sinkronisasi Pembangunan Perkebunan di Samarinda beberapa waktu lalu.

"Gubernur meminta Dinas Perkebunan dan organisasi perangkat daerah terkait dapat menjaga produktivitas komoditi perkebunan. Salah satunya lada," kata Ujang.

Terutama dalam menyongsong program pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kaltim. Dimana daerah-daerah di wayah Kaltim diharap mampu menjadi penyuplai kebutuhan pangan ibu kota.

Maka, Dinas Perkebunan melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran mengadakan pertemuan fasilitasi pemasaran lada dengan fokus hilirisasi komoditi lada.

"Disbun  dengan program yang sinergis mendorong petani dan pedagang lada membuat produk olahan dan pengemasan lada yang berkualitas dan berdaya saing agar mampu bersaing di pasaran lokal bahkan global," ungkap Ujang.

Hadir sebagai narasumber dalam pertemuan fasilitasi ini dari Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Dr Ir Haslan Mallu, MMA dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Kaltim Rovan Amhar, SE.(*)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait