Jumlah Pabrik Sawit Segera Bertambah
16 Mei 2011 Admin Website Artikel 312

TANJUNG REDEB - Untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Berau dari sektor perkebunan, Dinas Perkebunan (Disbun) Berau menggalakkan kegiatan kemandirian warga serta sistem plasma dengan perusahaan kepala sawit. Plasma yang tersedia sudah mencapai 900 hektare.

Kepala Dinas Perkebunan Wisnu Haris (15/5) mengakatan, jumlah kebun plasma itu sudah terbagi dari semua perusahaan sawit yang ada di Berau dan sudah beroperasi. ”Sementara daerah menyiapkan dan menjembatani investor baik dalam maupun luar negeri untuk giat menanamkan modalnya di bidang perkebunan sawit. Ini mengingat luasan lahan yang cukup serta kecocokan sawit dengan tekstur tanah yang ada,” jelasnya.

Saat ini terdapat 32 perusahaan sawit mulai dari hulu hingga pesisir. Dari jumlah itu belum sampai 50 persen yang terlihat eksis dalam usahanya. Kendalanya, disebutkan terbagi dari beberapa masalah seperti finansial, proses pematangan,hingga masalah lain diinternal perusahaan.

Setelah 2 perusahaan besar yakni Tanjung Buyu Perkasa dan Hutan Hijau Mas (HHM) mendirikan pabrik pengolahan, saat ini 4 perusahaan lain sudah mengiikuti jejak 2 perusahaan itu. “Dari segi ekonomis mereka sudah layak mempunyai pabrik sendiri, sementara sekarang masih  mengirim hasil panennya keperusahaan lain yang sudah memiliki pabrik. Kitatunggu saja kapan pabrik mereka siap beroperasi,” ungkapnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 16 MEI 2011

Artikel Terkait